PENGARUH HAFALAN AL-QUR‟AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VII SMPIT MUTIARA INSAN CEPU TAHUN AJARAN 2017/2018

Vina Faizatin, NIM: 11420112 (2018) PENGARUH HAFALAN AL-QUR‟AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VII SMPIT MUTIARA INSAN CEPU TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH HAFALAN AL-QUR‟AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VII SMPIT MUTIARA INSAN CEPU TAHUN AJARAN 2017/2018)
11420112_BAB 1_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH HAFALAN AL-QUR‟AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VII SMPIT MUTIARA INSAN CEPU TAHUN AJARAN 2017/2018)
11420112_BAB II_sampai_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Vina Faizatin, Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab kelas VII SMPIT Mutiara Insan Cepu Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh hafalan al-Qur’an terhadap prestasi belajar bahasa Arab kelas VII SMPIT Mutiara Insan Cepu Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data yang dipakai menggunakan dokumentasi dan observasi. Teknik analisis yang dipakai menggunakan analisis statistik dengan teknik korelasi Product Moment dan Uji Regresi linier Sederhana. Berdasarkan hasil analisis data pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Hafalan Al-Qur’an dengan Prestasi Bahasa Arab siswa kelas VII di SMP IT Mutiara Insan Cepu semester gasal tahun ajaran 2017-2018. Hal ini bisa dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata siswa pada variabel hafalan Al-Qur’an adalah 82,95 sedangkan besarnya nilai rata-rata siswa pada variabel prestasi belajar bahasa Arab adalah 83,95. Dari hasil analisis korelasi Product Moment diperoleh nilai koefisien korelasi hafalan Al-Qur’an dengan prestasi belajar bahasa Arab adalah 0,487, dan signifikannya 0,025 yang kurang dari 0,05. Sedangkan dari hasil Regresi dapat diketahui besarnya koefisien determinasi yaitu 0,238. Hal ini mengandung pengertian bahwa pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar bahasa Arab sebesar 23,8%. Kata kunci: Hafalan Al-Qur’an, prestasi belajar, bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dudung Hamdun M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Hafalan Al-Qur’an, prestasi belajar, bahasa Arab.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 09:15
Last Modified: 20 Mar 2019 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33459

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum