DINAMIKA LATIHAN TAEKWONDO DOJANG INSTIPER DALAM MERAIH PRESTASI DI KEJUARAAN (Studi Kasus Taekwondo Indonesia Dojang INSTIPER Yogyakarta pada tahun 2016-2017)

RITA SAPUTRI, NIM. 13720031 (2018) DINAMIKA LATIHAN TAEKWONDO DOJANG INSTIPER DALAM MERAIH PRESTASI DI KEJUARAAN (Studi Kasus Taekwondo Indonesia Dojang INSTIPER Yogyakarta pada tahun 2016-2017). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA LATIHAN TAEKWONDO DOJANG INSTIPER DALAM MERAIH PRESTASI DI KEJUARAAN (Studi Kasus Taekwondo Indonesia Dojang INSTIPER Yogyakarta pada tahun 2016-2017))
13720031_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA LATIHAN TAEKWONDO DOJANG INSTIPER DALAM MERAIH PRESTASI DI KEJUARAAN (Studi Kasus Taekwondo Indonesia Dojang INSTIPER Yogyakarta pada tahun 2016-2017))
13720031_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Taekwondo dojang INSTIPER merupakan dojang baru di bawah naungan Pengurus Daerah Taekwondo Indonesia DI Yogyakarta. Taekwondo dojang INSTIPER bergabung dengan Pengda TI DIY pada bulan Mei 2016. Kemunculannya yang masih terbilang baru, Taekwondo dojang INSTIPER sudah mampu menunjukan eksistensinya di kejuaraan baik di lingkup daerah, nasional, maupun internasional. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan perolehan medali dan piagam penghargaan yang mampu dibawa pulang pada setiap kejuaraan yang diikuti. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara pelatih dalam memahami karakter dan kapasitas atlet, serta untuk mengetahui pendekatan pelatih dalam memadukan metode latihan dengan karakter dan kapasitas atlet. Lokasi penelitian berada di kampus I Institut Pertanian Stiper (INSTIPER) yang beralamat di Jl. Nangka II, Maguwoharjo (Ringroad Utara), Depok, Sleman, Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengambilan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strukturasi oleh Anthony Giddens. Subjek dalam penelitian ini adalah dewan pelatih dari Taekwondo dojang INSTIPER Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa pelatih harus dekat dengan atlet supaya dapat memahami kapasitas dan karakter dari setiap atlet. Pelatih mencari materi latihan untuk atlet melalui media social dan berdasarkan hasil dari penglaman di kejuaraan. Pelatih mengkombinasikan materi latihan yang ada di modul kepelatihan dengan materi yang ia dapatkan di luar modul untuk dikembangkan dan siap diberikan kepada atletnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Ahmad Norma Permata, S.Ag., M.A
Uncontrolled Keywords: dinamika latihan, pelatih, atlet, dan prestasi.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 28 Feb 2019 07:48
Last Modified: 28 Feb 2019 07:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33474

Actions (login required)

View Item View Item