POLA KEPEMIMPINAN BANK SAMPAH GEMAH RIPAH DALAM MELESTARIKAN LINGKUNGAN (STUDI DI BADEGAN BANTUL YOGYAKARTA)

Muslikah, NIM. 14720011 (2018) POLA KEPEMIMPINAN BANK SAMPAH GEMAH RIPAH DALAM MELESTARIKAN LINGKUNGAN (STUDI DI BADEGAN BANTUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA KEPEMIMPINAN BANK SAMPAH GEMAH RIPAH DALAM MELESTARIKAN LINGKUNGAN (STUDI DI BADEGAN BANTUL YOGYAKARTA))
14720011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (POLA KEPEMIMPINAN BANK SAMPAH GEMAH RIPAH DALAM MELESTARIKAN LINGKUNGAN (STUDI DI BADEGAN BANTUL YOGYAKARTA))
14720011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Inovasi Bambang Suwerda sebagai ketua bank sampah gemah ripah Badegan Bantul akan pentingnya kesehatan lingkungan, berinisiatif mendirikan bank sampah sebagai tempat pembuangan sampah yang bisa diolah kembali menjadi barang yang bermanfaat. Adanya bank sampah gemah ripah diharapkan mampu mengatasi permasalahan sampah masyarakat terutama di Kabupaten Bantul. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan Bambang Suwerda sebagai ketua bank sampah gemah ripah dalam melestarikan lingkungan. Penelitian ini menggunakan teori Kepemimpinan Transformatif oleh Bass dan Avolio, (1994). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi obsernasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya pengolahan data mengikuti prosedur ilmiah dengan cara pengklarifikasian data, analisis data dan akhirnya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya bank sampah gemah ripah dan Bambang Suwerda sebagai pemimpin. Bambang Suwerda menerapkan sistem berupa kepercayaan, tanggung jawab, kejujuran, kebersamaan, kepada anggotanya untuk menjalankan program bank sampah dan pengelolaan sampah. Adanya sistem yang diberikan kepada anggota bank sampah maka pemimpin dan anggota bank sampah mampu bekerja sama untuk melayani masyarakat yang menabung sampah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Phil Ahmad Norma Permata M.A
Uncontrolled Keywords: Pemimpin bank sampah, bank sampah gemah ripah Badegan Bantul Yogyakarta
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 28 Feb 2019 15:30
Last Modified: 28 Feb 2019 15:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33477

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum