STRATEGI WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL

ADITYA ARIS DWI WICAKSONO, NIM. 11470057 (2018) STRATEGI WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL)
11470057_BAB I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL)
11470057_BAB II_SAMPAI_SEBELUM SELESAI.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk strategi wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan siswa di SMK Muhammadiyah 1 Patuk Gunungkidul serta hasil dari strategi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Adapun teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang telah penulis lakukan menunjukan bahwa strategi yang digunakan oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SMK Muhammadiyah 1 Patuk Gunungkidul dalam meningkatkan budaya disiplin peserta didik sudah cukup baik dan bervariasi sesuai dengan bobot dan jenis pelanggarannya. Pertama, memberikan sosialisasi pentingnya berbudaya disiplin serta cara aplikasi yang dapat dilakukan di sekolah dengan memberikan tata tertib yang berlaku. Kedua, memberikan keteladanan sikap disiplin dari kepala sekolah, dewan guru dan karyawan termasuk wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Ketiga, melakukan pembinaan dengan membuat antara guru dan siswa terbina hubungan kekeluargaan selayaknya guru sebagai orang tua dan siswa sebagai anak. Guru dapat menempatkan dirinya sebagai orang tua siswa dan sebagai sahabat. Keempat, memberi hukuman kepada siswa yang melanggar aturan. Hukuman atau sanksi yang diberikan bersifat mendidik dan edukatif seperti membaca/menghafal Al-Qur’an, membuat makalah, membersihkan lapangan hingga pemanggilan orang tua ke sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hasil yang baik dari strategi yang di lakukan oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dalam menanamkan nilai-nilai disiplin di SMK Muhammadiyah 1 Patuk Gunungkidul. Namun disadari pencapaiannya belum maksimal. Hal tersebut dikarenakan persoalan kedisiplinan bukan sesuatu yang ringan untuk dikerjakan sendiri. Oleh sebab itu, perlu adanya kerjasama antara wakil kepala sekolah bidang kesiswaan bekerja dengan unsur-unsur yang ada di lingkungan sekolah seperti kepala sekolah, dewan guru, wali kelas, tetangga lingkungan sekitar dan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Imam Machali, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Strategi, Disiplin, Wakil Kepala Sekolah, Kesiswaan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Mar 2019 09:14
Last Modified: 01 Mar 2019 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33492

Actions (login required)

View Item View Item