PENDIDIKAN ISLAM TRANSFORMATIF DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (STUDI PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN)

M SUBHAN, NIM. 11470077 (2018) PENDIDIKAN ISLAM TRANSFORMATIF DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (STUDI PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ISLAM TRANSFORMATIF DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (STUDI PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN))
11470077_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (58MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11470077_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesadaran Fazlur Rahman terhadap pendidikan sebagai sarana utama penunjang pembaharuan menjadi salah satu perhatian penulis. Hal ini juga-lah yang mendorong Rahman terjun dalam kritisme sistem pendidikan Islam yang berkembang pada periode kemunduran dan pada awal pembaharuan (modern). Pemikiran pendidikan yang dikemukakan oleh Fazlur Rahman merupakan masalah yang menarik dan urgen untuk dibahas. Dengan melihat dan mempelajari usaha yang telah dilakukan oleh Fazlur Rahman, kita sebagai generasi penerus dari usaha pengembangan Islam melalui pendidikan berharap dapat mengambil pelajaran, sehingga nantinya dalam pengembangan tersebut kita tidak berjalan dari ruang hampa, dan perkembangan generasi Islam dapat lebih sistematis dalam menentukan arah kemejuan-nya. Dari latar belakang tersebut, peneliti mengajukan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Konsep pendidikan seperti apa yang ditawarkan Fazlur Rahman? (2) Bagaimana internalisasi pemikiran Fazlur Rahman terhadap pendidikan Islam? (3) Bagaimana relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam? Penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (Library Research). Pengumpulan data diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Pada pengumpulan data peneliti menggunakan metode dokumentasi. Selajutnya data tersebut peneliti analisis dengan metode Content Analysis. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Dengan mendasarkan pada al-Qur’an, tujuan pendidikan menurut Fazlu Rahman adalah untuk mengembangkan manusia sedemikian rupa sehingga semua pengetahuan yang diperolehnya akan menjadi organ pada keseluruhan pribadi yang kreatif, yang memungkinkan manusia untuk memanfaatkan sumber-sumber alam untuk kebaikan umat manusia dan untuk menciptakan keadilan, kemajuan, dan keteraturan dunia. (2) Fazlur Rahman meyakini dunia Islam sendiri terdapat banyak hal yang hingga saat ini masih perluh adanya rekontruksi dan pembaharuan. misalnya dalam bidang pendidikan, pengetahuan harus diperoleh dari tiga metode yakni; Metode Kritik Sejarah (The Critical Histori Method), Metode Penafsiran Sistematis (The Sistematic interpretation method) dan Metode Suatu Gerakan Ganda (a Double Movement). (3) Harus adanya integrasi antara ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu sekuler/sains. Dengan pola integrasi ini maka tidak akan lagi terjadi dikotomi dalam dunia pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam Transformatif, Fazlur Rahman
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Mar 2019 08:42
Last Modified: 04 Mar 2019 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33499

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum