SISTEM PERENCANAAN STRATEGIS DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY DI LEMBAGA KURSUS ENGLISH CAFE YOGYAKARTA

ANNY ROFI SULISTYANI, NIM. 13490033 (2018) SISTEM PERENCANAAN STRATEGIS DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY DI LEMBAGA KURSUS ENGLISH CAFE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM PERENCANAAN STRATEGIS DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY DI LEMBAGA KURSUS ENGLISH CAFE YOGYAKARTA)
13490033_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PERENCANAAN STRATEGIS DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY DI LEMBAGA KURSUS ENGLISH CAFE YOGYAKARTA)
13490033_BAB_II-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap inovasi-inovasi yang dibuat dan diciptakan oleh lembaga kursus bahasa Inggris English Cafe Yogyakarta, dan juga karena lembaga kursus ini masih berumur lima tahun sehingga masih membutuhkan inovasi tambahan yang tidak memunculkan pesaing di dalam bidangnya. Lembaga kursus ini memiliki daya tarik sendiri di kalangan anak muda yang ingin mempelajari dan mengembangkan bahasa Inggrisnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sasarannya adalah seluruh unsur yang terlibat dalam lembaga kursus English Cafe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Peneliti menentukan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, validitas data dan menarik kesimpulan. Dalam hal ini peneliti mengungkap mengenai sistem perencanaan strategis di Lembaga Kursus English Cafe Yogyakarta melalui pendekatan Blue Ocean Strategy (Strategi Samudra Biru). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) English Cafe datang dengan konsep kursus yang memanfaatkan Cafe sekitar untuk menjadi partner dan tempat belajar. Konsep ini merupakan inovasi nilai (Value Innovation) yang dimunculkan oleh English Cafe dan tidak terdapat pihak yang merasa dirugikan. Strategi samudra biru (Blue Ocean) yang diciptakan oleh English Cafe tergambar dari harga murah, waktu pembelajaran yang sangat fleksibel, chef yang masih muda dan kompeten, produk speaking yang diunggulkan, dan marketing yang dikelola dengan baik. Pendekatan Blue Ocean English Cafe tergambar dari penghapusan (reduce) promosi yang masih menggunakan media lama dan mengurangi (eliminate) ketidaktersediaannya RPP. Kemudian peningkatan (raise) dalam plecement test, manajemen aplikasi, dan kinerja chef dan penciptaan (create) program TOEFL dan IELTS preparation. (2) Hambatan kognitif muncul dari latar belakang chef yang bukan berasal dari pendidikan ataupun sastra Inggris. Hambatan motivational datang dari member yang belum memiliki keinginan utuh untuk belajar di English Cafe. Hambatan sumber daya manusia berwujud dengan chef yang belum berani untuk mengajar kelas reguler. Dan hambatan politik dan hukum berasal dari perjanjian yang kurang jelas dan legalitas lembaga. Hambatan manajerial pemasaran dengan pendekatan Blue Ocean yang tergambar melalui persaingan lembaga kursus yang mulai banyak bermunculan di Yogyakarta dan masing-masing memiliki karakteristik inovasi baru dan semakin berlomba-lomb

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. M. Jamroh Latief, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Inovasi Nilai, Blue Ocean, dan Hambatan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Mar 2019 02:13
Last Modified: 04 Mar 2019 02:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33502

Actions (login required)

View Item View Item