Partisipasi Pengunjung Sunday Morning di Stadion Sultan Agung terhadap Kegiatan Moco Buku Rame-rame (MOBURA)

Neng Lisma, NIM. 14720022 (2018) Partisipasi Pengunjung Sunday Morning di Stadion Sultan Agung terhadap Kegiatan Moco Buku Rame-rame (MOBURA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Partisipasi Pengunjung Sunday Morning di Stadion Sultan Agung terhadap Kegiatan Moco Buku Rame-rame (MOBURA))
14720022_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Partisipasi Pengunjung Sunday Morning di Stadion Sultan Agung terhadap Kegiatan Moco Buku Rame-rame (MOBURA))
14720022_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) merupakan salah satu gerakan literasi yang ada dimasyarakat. Di Kabupaten Bantul sendiri terdapat lebih dari 40 TBM yang didirikan dan dikelola oleh masyarakat. Untuk mewadahi seluruh TBM yang ada di Kabupaten Bantul maka dibentuk sebuah forum yang diberi nama Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Bantul. Salah satu kegiatan literasi yang digagas oleh FTBM Bantul adalah kegiatan Moco Buku Rame-rame (MOBURA) yang dilaksanakan di Stadion Sultan Agung, Bantul. Gerakan literasi khususnya kegiatan MOBURA merupakan hal baru dikalangan masyarakat Stadion Sultan Agung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat terhadap gerakan literasi melalui kegiatan MOBURA di Stadion Sultan Agung, Bantul. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pertukaran social (Exchange Teory) milik George C. Homans. Teori pertukaran sosial secara khusus memiliki asumsi bahwa tindakan sesorang selalu didasarkan pada tindakan memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan biaya. Penelitian ini menggunkan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan MOBURA sudah mendapat respon berupa partisipasi yang baik dari masyarakat. Respon tersebut ditunjukkan melalui sikap, tindakan, serta kritik dan saran. Dari sikap masyarakat dapat dilihat bahwa tidak ada penolakan dan resistensi terhadap kegiatan MOBURA. Tindakan masyarakat ditunjukkan melalui donasi buku dan dengan bergabung menjadi relawan di MOBURA. Kritik dan saran dari masyarakat bertujuan agar fasilitas dan sarana di MOBURA lebih dilengkapi. Masyarakat memberikan respon yang baik karena merasa mendapat keuntungan berupa kemudahan dalam mengakses ilmu pengetahuan dari adanya kegiatan MOBURA. Walaupun sudah mendapat respon yang baik, namun belum semua masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan MOBURA karena kegiatan MOBURA masih terbilang kegiatan yang baru sehingga masih banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya kegiatan MOBURA, ditambah lagi selama kurang lebih 8 bulan kegiatan ini berjalan masih minim dilakukan sosialisasi dan publikasi terhadap kegiatan MOBURA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Napsiah, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Respon, Keuntungan
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 04 Mar 2019 02:48
Last Modified: 04 Mar 2019 02:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33511

Actions (login required)

View Item View Item