EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN PAGUYUBAN JURU PARKIR DALAM MENANGANI KONFLIK (Studi di Forum Komunikasi Penata Parkir “FKPP” Abu Bakar Ali Yogyakarta)

FITRI HUSNA, NIM. 14720024 (2018) EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN PAGUYUBAN JURU PARKIR DALAM MENANGANI KONFLIK (Studi di Forum Komunikasi Penata Parkir “FKPP” Abu Bakar Ali Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN PAGUYUBAN JURU PARKIR DALAM MENANGANI KONFLIK (Studi di Forum Komunikasi Penata Parkir “FKPP” Abu Bakar Ali Yogyakarta))
14720024_BAB-I_BAB-V_DAN_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN PAGUYUBAN JURU PARKIR DALAM MENANGANI KONFLIK (Studi di Forum Komunikasi Penata Parkir “FKPP” Abu Bakar Ali Yogyakarta))
14720024_BAB-II_BAB-III_DAN_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Paguyuban Juru Parkir di Abu Bakar Ali merupakan wadah yang dinaungi oleh Forum Komunikasi Penata Parkir (FKPP) di Abu Bakar Ali. Paguyuban Juru parkir FKPP di Abu Bakar Ali sebagai kelompok yang bersifat kekeluargaan didirikan oleh orang-orang yang sepaham dengan tujuannya untuk membina persatuan bersama para anggotanya. Paguyuban yang ada di Abu Bakar Ali ini menjadi sarana untuk anggota-anggotanya membangun interaksi sosial simbolik sehingga tercipta rasa kekeluargaan yang harmonis, terutama untuk mengatasi segala persoalan seperti kesenjangan sosial di dalam kelompok serta membantu memikirkan rencana Abu Bakar Ali kedepannya. Sosok seorang pemimpin tidak hanya untuk mengayomi anggota-anggotanya dengan tujuan memajukan apa yang ingin mereka capai secara bersama, melainkan juga untuk mengatasi segala konflik permasalahan yang dihadapi terkait dengan Paguyuban Juru Parkir di Abu Bakar Ali setelah relokasi yang dilakukan oleh pemerintah Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kepemimpinan paska relokasi yang didalamnya menuai berbagai respon permasalahan dalam kelompok di paguyuban juru parkir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang suatu kelompok orang tertentu mengenai permasalahan yang diteliti dari suatu gejala dalam hubungan antar fenomena. Data ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Konflik dan Kepemimpinan suatu tindakan berupa amanat yang diharapkan mampu menjadi panutan, pendorong, dan motivator yang harus dikerjakan dan dilaksanakan oleh ketua Paguyuban Juru Parkir sesuai dengan status yang dimillikinya. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa kepemimpinan ketua Paguyuban Juru Parkir di Abu Bakar Ali merupakan sosok yang mempunyai kepercayaan, daya tarik, dan pengaruh, serta kemampuan. Efektivitas kepemimpinan ketua paguyuban sebagai panutan, motivator, dan pendorong sudah menjadi salah satu hal terpenting dalam menangani konflik yang terjadi. Terutama, setelah terjadinya relokasi menghasilkan berbagai dampak negatif bagi para juru parkir, yang hal itu membuat sosok pemimpin di Paguyuban Juru Parkir Abu Bakar Ali terlihat lebih jelas tanggung jawabnya sebagai seorang pengayom terhadap para anggota juru parkir Abu Bakar Ali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Achmad Zainal Arifin Ph.D
Uncontrolled Keywords: Paguyuban Juru Parkir, Efektivitas Kepemimpinan, Konflik Sosial
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 04 Mar 2019 03:12
Last Modified: 04 Mar 2019 03:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33512

Actions (login required)

View Item View Item