PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS X MADRASAH ALIYAH (TINJAUAN SEGI MATERI)

Nailah, NIM: 14420012 (2018) PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS X MADRASAH ALIYAH (TINJAUAN SEGI MATERI). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS X MADRASAH ALIYAH (TINJAUAN SEGI MATERI))
14420012_BAB I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS X MADRASAH ALIYAH (TINJAUAN SEGI MATERI))
14420012_BAB II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu adanya bacaan yang sulit dibaca karena ada beberapa pengetikan harakat yang kurang rapi dalam buku teks Durūs Al-lughah Al-‘Arabiyyah Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Untuk Kelas X Madrasah Aliyah . Seharusnya materi yang dipaparkan harus jelas, sehingga siswa tidak salah dalam memahami materi, karena materi pembelajaran merupakan hal penting dalam proses belajar mengajar dan merupakan faktor yang berpengaruh terhadap mutu pendidikan. Oleh karena itu, penulis ingin mengkaji materi dalam buku Teks Durūs Al-lughah Al-‘Arabiyyah Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Untuk Kelas X Madrasah Aliyah untuk mengetahui apakah buku tersebut telah memenuhi kriteria buku yang baik dari segi materi dan ditinjau dari sisi seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan analisis isi (content analysis), dan menggunakan metode kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan panduan penilaian dari BSNP dan teori Mackey untuk menganalisis isi buku. Sementara teknik yang digunakan ialah dokumentasi dan observasi buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku Durūs Al-lughah Al-‘Arabiyyah Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Untuk Kelas X Madrasah Aliyah telah memenuhi kriteria standar buku yang baik dari segi materi, sesuai dengan standar penilaian kelayakan isi yang dirumuskan oleh BSNP meliputi keakuratan materi, cakupan materi dan pendukung materi. Hanya saja, ilustrasi dalam buku masih kurang jelas dan adanya beberapa rujukan yang lewat dari lima tahun. Sementara dari segi seleksi, gradasi, presentasi dan repetisi menurut teori Mackey telah memenuhi kriteria yang ada. Kata Kunci: Analisis Buku Teks, Materi, Durūs Al-lughah Al-‘Arabiyyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Ahmad Janan Asifudin, M.A.
Uncontrolled Keywords: Analisis Buku Teks, Materi, Durūs Al-lughah Al-‘Arabiyyah.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Mar 2019 07:34
Last Modified: 15 Mar 2019 07:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33513

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum