Tahlil al akhta' al lughawiy fi al muhadathah al yawmiyyah laday al talibat bi maskan al madrasah al thanawiyah al diniyyah al hukumiyyah al khassah Surakarta fi al sanah al dirasiyyah 2017-2018

Hidayatul Khoiriyah, NIM. 14420014 (2018) Tahlil al akhta' al lughawiy fi al muhadathah al yawmiyyah laday al talibat bi maskan al madrasah al thanawiyah al diniyyah al hukumiyyah al khassah Surakarta fi al sanah al dirasiyyah 2017-2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Tahlil al akhta' al lughawiy fi al muhadathah al yawmiyyah laday al talibat bi maskan al madrasah al thanawiyah al diniyyah al hukumiyyah al khassah Surakarta fi al sanah al dirasiyyah 2017-2018)
14420014_BAB I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Tahlil al akhta' al lughawiy fi al muhadathah al yawmiyyah laday al talibat bi maskan al madrasah al thanawiyah al diniyyah al hukumiyyah al khassah Surakarta fi al sanah al dirasiyyah 2017-2018)
14420014_BAB II_S.D._BAB_SEBELUM_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Hidayatul Khoiriyah. 14420014. Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Muhādasah Yaumiyyah Santriwati Asrama MAPK MAN 1 Surakarta. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Bahasa Arab jika mau dikuasai hendaknya dipraktekkan dalam berkomunikasi sehari-hari. Tujuan utama pembelajaran bahasa Arab adalah untuk berkomunikasi. Dengan demikian, suatu pembelajaran bahasa tidak hanya diajarkan secara teori tetapi juga harus dipraktekkan dan dikomunikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Asrama MAPK MAN 1 Surakarta adalah asrama yang mewajibkan berbahasa Arab dalam berkomunikasi sehari-hari. Dari sinilah para santriwati banyak melakukan kesalahan dalam penggunaan struktur yang tidak sesuai dengan kaidah gramatika bahasa Arab. Sehingga bagi para pembelajar pemula tidak menutup kemungkinan bisa membuat beberapa kesalahan linguistik sebagai akibat dari kurangnya pemahaman bahasa pada tingkat yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan muhādasah yaumiyyah, mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan tersebut dan upaya untuk mengurangi kesalahan muhādasah yaumiyyah yang terjadi di Asrama Putri MAPK MAN 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Bentuk-bentuk kesalahan berbahasa yang terjadi dalam muhādasah yaumiyyah terdiri dari 3 macam yaitu : kesalahan morfologi sebanyak 10,8%, sintaksis sebanyak 48,6%, dan kesalahan interferensi bahasa atau dialek sehari-hari sebanyak 40,5%. (2) Faktor penyebab kesalahan muhādasah yaumiyyah adalah motivasi yang rendah dalam berbahasa Arab. Hal ini ditunjukkan dari hasil statistik kurangnya minat siswa terhadap bahasa Arab sebanyak 43,75%. Adapun kurangnya penguasaan mufrādat siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil statistik sebanyak 62,5% siswa kurang menguasai mufradat bahasa Arab. (3) Upaya yang dilakukan untuk mengurangi kesalahan muhādasah yaumiyyah adalah dengan meningkatkan minat dan motivasi berbahasa Arab bagi siswi, guru, dan musyrifah. Selain itu, menurut peneliti juga diperlukan upaya intensif tambahan yaitu dengan mengadakan Islāh al-lughah rutin setiap minggunya. Kata kunci : Analisis Kesalahan Berbahasa, Muhādasah Yaumiyyah, MAPK MAN 1 Surakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Ja'far Shodiq, S.Pd.I, MSI
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan Berbahasa, Muhādasah Yaumiyyah, MAPK MAN 1 Surakarta.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Mar 2019 07:34
Last Modified: 15 Mar 2019 07:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33516

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum