RESPON MASYARAKAT DESA GOWASARI TERHADAP RENCANA PEMBANGUNAN KAMPUS II UIN SUNAN KALIJAGA (Studi pada Masyarakat Desa Gowasari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul)

Ahmad Ahsana Ni’am, NIM. 14720034 (2018) RESPON MASYARAKAT DESA GOWASARI TERHADAP RENCANA PEMBANGUNAN KAMPUS II UIN SUNAN KALIJAGA (Studi pada Masyarakat Desa Gowasari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESPON MASYARAKAT DESA GOWASARI TERHADAP RENCANA PEMBANGUNAN KAMPUS II UIN SUNAN KALIJAGA (Studi pada Masyarakat Desa Gowasari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul))
14720034_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (RESPON MASYARAKAT DESA GOWASARI TERHADAP RENCANA PEMBANGUNAN KAMPUS II UIN SUNAN KALIJAGA (Studi pada Masyarakat Desa Gowasari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul))
14720034_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (12MB)

Abstract

Perguruan tinggi merupakan lembaga yang berfungsi mengkaji, mengembangkan, melestarikan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni guna mencerdaskan kehidupan bangsa. Perkembangan kampus merupakan hasil pertumbuhan penyelenggaraan aktifitas kampus yang mengakomodasikan tuntutan pengembangan keilmuan serta penelitian dan penyelenggaraan pendidikan yang dinamis dalam menjalankan fungsinya untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian negara. Dalam mendukung kebutuhan tersebut, fasilitas di sebuah institusi pendidikan merupakan salah satu bagian penting, dalam mendukung kegiatan akademik dan non akademik yang kondusif. Rencana pembangunan kampus II Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta di Desa Guwosari menimbulkan berbagai macam respon yang beragam di tengah-tengah masyarakat, respon tersebut meliputi respon positif, respon negatif, serta respon ambigu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui respon masyarakat Desa Guwosari serta timbal balik yang didapatkan warga Desa Guwosari, Pemerintah Desa Guwosari dan pihak pengembang pembangunan kampus II Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teori pertukaran sosial George Casper Homans. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya pengolahan data mengikuti prosedur ilmiah dengan cara pengklasifikasian data, analisis data dan akhirnya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Desa Guwosari setuju dengan rencana pembangunan kampus II Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan ditemukannya respon positif, namun ditemukan juga respon negatif yang masih dalam kategori setuju, serta respon ambigu yang menunjukkan bahwa masyarakat Desa Guwosari setuju akan rencana pembangunan tersebut namun dengan mengajukan syarat tertentu. Kata Kunci : Masyarakat Desa Guwosari, Respon, timbal balik,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Phil. Ahmad Norma Permata, M.A
Uncontrolled Keywords: Masyarakat Desa Guwosari, Respon, timbal balik, Rencana Pembangunan Kampus II UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 04 Mar 2019 03:38
Last Modified: 04 Mar 2019 03:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33518

Actions (login required)

View Item View Item