PERAN KOORDINATOR LAPANGAN DALAM MEMOBILISASI FANATISME DAN KREATIVITAS SUPORTER PSS SLEMAN BRIGATA CURVA SUD

RAMTO HIDAYAT, NIM. 14720038 (2018) PERAN KOORDINATOR LAPANGAN DALAM MEMOBILISASI FANATISME DAN KREATIVITAS SUPORTER PSS SLEMAN BRIGATA CURVA SUD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KOORDINATOR LAPANGAN DALAM MEMOBILISASI FANATISME DAN KREATIVITAS SUPORTER PSS SLEMAN BRIGATA CURVA SUD)
14720038_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERAN KOORDINATOR LAPANGAN DALAM MEMOBILISASI FANATISME DAN KREATIVITAS SUPORTER PSS SLEMAN BRIGATA CURVA SUD)
14720038, BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini tentang peran koordinator lapangan dalam memobilisasi fanatisme dan kreativitas suporter. Suporter adalah pemain kedua belas yang dikatakan memiliki perilaku fanatik dan antusias dalam membela klub yang dicintainya dalam berbagai macam kegiatan atau dukungan. Adanya koordinator lapangan dalam suatu kelompok suporter mempunyai hak dan kewajiban serta berperan penting dalam mengkoordinasi supaya terwujudnya suporter yang dapat memobilisasi perilaku fanatik kearah yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai peran koordinator lapangan dalam memobilisasi fanatisme dan kreativitas suporter PSS Brigata Curva Sud. Penelitian ini menggunakan teori mengenai fanatisme dan teori peran. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan fokus penelitian pada peran koordinator lapangan suporter BCS. Sumber data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan didukung dengan data sekunder yang berkaitan. Data peneliti diperoleh koordinator lapangan, koordinator komunitas, dan suporter BCS yang tergabung dalam komunitas juga beberapa pihak yang terkait secara langsung maupun tidak langsung dalam suporter BCS. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data penelitian dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian peran koordinator lapangan dalam memobilisasi fanatisme dan kreativitas suporter dihasilkan sebuah kesimpulan bahwa bentuk fanatisme yang dilakukan oleh suporter BCS dimobilisasi oleh seorang koordinator lapangan melalui keteladanan yang dimiliki. Koordinator lapangan mempunyai teladan yang baik yang bertanggung jawab, mengayomi, melindungi, yang mampu mempengaruhi serta menggerakkan fanatisme anggotanya. Dengan edukasi fokus dalam mendukung PSS Sleman sesuai manifesto, koordinator lapangan berusaha menumbuhkan fanatisme yang baik dan sesuai untuk PSS Sleman dengan mengabaikan berbagai provokasi yang dirasa dapat merugikan BCS dan PSS Sleman. Terakhir, dengan mengadakan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh suporter BCS seperti; melakukan forum komunitas yang diadakan rutin dan kegiatan yang bersifat momentum seperti kegiatan forum besar Brigata Curva Sud yang dihadiri perwakilan komunitas dan juga seminar-seminar yang diadakan komunitas dengan seorang koordinator sebagai narasumber, yang secara tidak langsung dapat menumbuhkan fanatisme suporter yang sesuai dengan BCS serta sebagai sarana memobilisasi fanatisme dari suporter BCS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Fanatisme, Koordinator, Suporter, Brigata Curva Sud
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 04 Mar 2019 10:45
Last Modified: 04 Mar 2019 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33520

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum