EKSPERIMENTASI PERMAINAN TREASURE HUNT DENGAN MEDIA CARD SORT DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT SISWA KELAS VIII MTSN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

NADA KHOIRIYAH, NIM: 14420018 (2018) EKSPERIMENTASI PERMAINAN TREASURE HUNT DENGAN MEDIA CARD SORT DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT SISWA KELAS VIII MTSN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI PERMAINAN TREASURE HUNT DENGAN MEDIA CARD SORT DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT SISWA KELAS VIII MTSN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420018_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI PERMAINAN TREASURE HUNT DENGAN MEDIA CARD SORT DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT SISWA KELAS VIII MTSN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

This study aims to find out two things: First, how to apply the game treasure hunt with a card sort media. Secondly, there is a significant difference in vocabulary mastery between experiment group and control group. The background of this research is the lack of students’ vocabulary mastery because vocabulary is one of the elements of language that students must master in learning foreign languages in order to gain communication skills. This research is a quantitative research on the type of research is experiment. Data collection was carried out using test methods, observation, interviews, and documentation. The experiment research uses a pretest-posttest control group design model. The object used is class VIII G students as the experiment group and class VIII F students as the control group. While the data analysis process in this study uses the “t” test. The results of this research indicate that there is a significant difference between students’ mastery of experiment group and control group. This can be seen from the average posttest results of students, the average posttest value of the experiment group is 81,19 while the control group is 72,43. In addition, when viewed from the results of the “t” test analysis which shows that the Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 and in accordance with the basis of decision making that Ha is accepted which means that there is a significant difference between the vocabulary mastery of experiment group and control group. Based on the data analysis that has been mentioned, it can be concluded that treasure hunt games with card sort media can be applied as an alternative solution in increasing the vocabulary mastery of eighth-grade students of MTsN 1 Yogyakarta. Keywords: Treasure Hunt Game, Card Sort Media, Vocabulary [INDONESIA]Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua hal: Pertama, bagaimana penerapan permainan treasure hunt dengan media card sort. Kedua, ada tidaknya perbedaan penguasaan mufradāt yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari kurangnya penguasaan kosakata siswa, karena kosakata merupakan salah satu unsur bahasa yang harus dikuasai siswa dalam belajar bahasa asing untuk dapat memperoleh kemahiran berkomunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian eksperimen ini menggunakan model pretest-posttest control group design. Obyek yang digunakan yaitu siswa kelas VIII G sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIII F sebagai kelompok kontrol. Sedangkan proses analisis data pada penelitian ini menggunakan uji “t”. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan mufradāt kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil posttest siswa, rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen sebesar 81,19 sedangkan kelompok kontrol sebesar 72,43. Selain itu, jika dilihat dari hasil analisis uji “t” yang menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan sesuai dengan dasar pengambilan keputusan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara penguasaan mufradāt kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Berdasarkan analisis data yang telah disebutkan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa permainan treasure hunt dengan media card sort dapat diterapkan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan penguasaan Mufradāt siswa kelas VIII MTsN 1 Yogyakarta. Kata kunci: Permainan Treasure Hunt, Media Card Sort, Mufradāt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rohmatun Lukluk Isnaini, S.Pd.I., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Treasure Hunt Game, Card Sort Media, Vocabulary, Permainan Treasure Hunt, Media Card Sort, Mufradāt.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Mar 2019 07:34
Last Modified: 15 Mar 2019 07:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33521

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum