MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF DI SEKOLAH SAENG PRATHIP WITHYA MULNITHI PATTANI (THAILAND SELATAN)

SULAIMAN HAYIYUSOH, NIM. 13490080 (2018) MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF DI SEKOLAH SAENG PRATHIP WITHYA MULNITHI PATTANI (THAILAND SELATAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF DI SEKOLAH SAENG PRATHIP WITHYA MULNITHI PATTANI (THAILAND SELATAN))
13490080_BAB-I-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (38MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF DI SEKOLAH SAENG PRATHIP WITHYA MULNITHI PATTANI (THAILAND SELATAN))
13490080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Masyarakat di Patani adalah sebuah kerajaan dan Negara Melayu yang pernah berdiri sendiri. Masyarakat di Patani mayoritas Agama Islam dan fanatik dengan Agama Islam dan kebudayaan Melayu. Pattani sebagai provinsi dari provinsi- provinsi Thailand dan juga sebagai wilayah dari Negara Patani yang meliputi empat wilayah yaitu Pattani, Yala, Naratiwat, dan Setul. Di Pattani pendidikan Islam maupun pendidikan umum masih ketinggalan dari pemerintah Thailand. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di sekolah Saeng Prathip Withya Mulnithi Pattani (Thailand selatan). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara merenduksi data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara Trianggulasi sumber dan teknik serta dikombinasikan dengan teori. Hasil penelitian di sekolah Saeng Prathip Withya Mulnithi Pattani (Thailand selatan) adalah: Pertana, Konsep Manajemen Pendidikan Islam Integratif. Dalam pokok - pokok pembahasan yaitu proses integratif antara sekolah umum dengan pondok pesantren dengan menyatukan ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu akademik atau umum. Kedua Manajemen Kurikulum Integratif, meliputi: 1) perencanaan kurikulum integratif pendidikan Agama dan pendidikan Umum oleh: a) integrasi tujuan kurikulum dan b) integrasi organisasi konten tentang kurikulum. 2) Pelaksanaan kurikulum integratif pendidikan Agama dan pendidikan Umum dilakukan dengan: a) integrasi pelaksanaan program kurikulum dan b) integrasi pengawasan pelaksanaan kurikulum. 3)Evaluasi kurikulum integratif pendidikan Agama dan pendidikan Umum dilakukan dengan mengevaluasi kurikulum dalam koordinasi antara pendidikan Agama dan pendidikan Umum, yang meliputi: a) evaluasi konteks kurikulum, b) evaluasi input atau masukan kurikulum, c) evaluasi proses kurikulum dan d) evaluasi produk kurikulum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Zainal Arifin M.SI,
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Islam Integratif, Saeng Prathip Withya Mulnithi
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Mar 2019 11:16
Last Modified: 04 Mar 2019 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33522

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum