Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam (YAKETUNIS) dalam Mengembangkan Kecerdasan Tunanetra Melalui SLB-A

Nadia Sekar Rahmayanti, NIM. 14720044 (2018) Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam (YAKETUNIS) dalam Mengembangkan Kecerdasan Tunanetra Melalui SLB-A. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam (YAKETUNIS) dalam Mengembangkan Kecerdasan Tunanetra Melalui SLB-A)
14720044_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam (YAKETUNIS) dalam Mengembangkan Kecerdasan Tunanetra Melalui SLB-A)
14720044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (290kB)

Abstract

Keyakinan bahwa kaum tunanetra juga memiliki hak dan kesempatan untuk mendapatkan bekal melalui pembelajaran dibidang mental, spiritual, agama, dan ketrampilan merupakan salah satu latar belakang bagi YAKETUNIS untuk menjalankan perannya sebagai lembaga sosial yang memberikan pelayanan bagi tunanetra. Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut, pihak YAKETUNIS mendirikan lembaga pendidikan berupa SLB-A untuk memenuhi hak kaum tunanetra dalam memperoleh pendidikan yang layak. Melalui lembaga YAKETUNIS, para tunanetra diberi bekal pengetahuan dan motivasi agar bias hidup lebih percaya diri dan mandiri sehingga dapat berkarya dan mengembangkan potensi yang mereka miliki. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses SLB-A YAKETUNIS dalam mengembangkan kecerdasan anak asuhnya agar mampu menjadi tunanetra yang mandiri dan mampu bersaing dengan masyarakat luas. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini menggunakan teori Capacity Building. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus yang menggambarkan serangkaian kegiatan yang berlangsung di SLB-A YAKETUNIS terkait proses peningkatan intelegensi yang dilakukan oleh pihak sekolah kepada siswa-siswinya. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi langsung di lokasi penelitian untuk melihat kondisi dan proses pembelajaran yang berlangsung di SLB-A YAKETUNIS, kemudian wawancara dilakukan dengan seluruh warga YAKETUNIS (pengurus yayasan, guru, siswa, dan walimurid) serta alumni dan masyarakat sekitar. Dokumentasi diambil langsung oleh peneliti sebagai pelengkap data berupa gambar dan dokumen-dokumen terdahulu yang mendukung tema penelitian. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa dalam mengembangkan kecerdasan tunanetra, SLB-A YAKETUNIS melakukan beberapa tahap yang pertama adalah dengan membangun kedekatan antara guru dengan siswa. Kedua, dengan membangun kemandirian siswa, dan yang ketiga adalah dengan meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Yayan Suryana, S. Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: disabilitas, YAKETUNIS, pengembangan kapasitas
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 04 Mar 2019 04:28
Last Modified: 04 Mar 2019 04:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33528

Actions (login required)

View Item View Item