PENGELOLAAN EKOWISATA HUTAN PINUS BERBASIS MASYARAKAT (STUDI DI EKOWISATA HUTAN PINUS ASRI, DUSUN KARANGASEM, KELURAHAN MUNTUK, KECAMATAN DLINGO, KABUPATEN BANTUL)

JOKO PURNOMO, NIM 14720018 (2018) PENGELOLAAN EKOWISATA HUTAN PINUS BERBASIS MASYARAKAT (STUDI DI EKOWISATA HUTAN PINUS ASRI, DUSUN KARANGASEM, KELURAHAN MUNTUK, KECAMATAN DLINGO, KABUPATEN BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN EKOWISATA HUTAN PINUS BERBASIS MASYARAKAT (Studi Di Ekowisata Hutan Pinus Asri, Dusun Karangasem, Kelurahan Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul))
14720018_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN EKOWISATA HUTAN PINUS BERBASIS MASYARAKAT (Studi Di Ekowisata Hutan Pinus Asri, Dusun Karangasem, Kelurahan Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul))
14720018_BAB II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (10MB)

Abstract

Wisata alam yang ada di Desa Muntuk ialah wisata Hutan Pinus. Wisata Hutan Pinus ini berada di kawasan hutan lindung yang dikelola oleh RPH (Resort Pemandu Hutan) Mangunan dan KPH (Kesatuan Pengelola Hutan) Yogyakarta.Sebelum menjadi obyek wisata, Hutan Pinus Asri ini disadap dan diambil getahnya oleh kelompok tani hutan dan masyarakat untuk bahan baku gondorukem.Pada tahun 2015 penyadapan ini dihentikan dan dikembangkan menjadi obyek wisata. Penelitian ini menggali data deskriptif terkait penjelasan mengenai bentuk partisipasi masyarakat dalam pengelolaan ekowisata berkelanjutan. Data di kumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data observasi ini dilakukan peneliti dengan cara mengikuti kegitan bersama pengelola ekowista seperti kerja bakti, rapat bulanan dan pengelolaan lahan parkir. Wawancara dilakukan oleh peneliti menggunakan jenis wawancara semi struktur. Peneliti juga mendokumentasikan berbagai kondisi di Ekowisata Hutan Pinus Asri. Penelitian ini dianalisis menggunakan konsep partisipasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelola Ekowisata Hutan Pinus Asri terlibat dalam tahapan partisipasi yaitu, tahap pengambilan keputusan, tahap pelaksanaan, tahap pengambilan manfaat dan tahap evaluasi. Terdapat 5 bentuk partisipasi pengelola dalam menjaga keberlanjutan Ekowisata Hutan Pinus Asri yaitu tidak mendirikan bangunan permanen di area hutan lindung, tidak merusak tanaman yang ada, mengelola sampah dengan tempat sampah khusus, melakukan reboisasi dan pemupukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Achmad Uzair, S.IP., M.A, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Ekowisata Hutan Pinus Asri, Keberlanjutan
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Mar 2019 14:05
Last Modified: 04 Mar 2019 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33530

Actions (login required)

View Item View Item