PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V MI MA’ARIF BEGO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/ 2018

Aisyam Mardliyyah, NIM : 14420036 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V MI MA’ARIF BEGO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/ 2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V MI MA’ARIF BEGO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/ 2018)
14420036_BAB I_IV atau V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V MI MA’ARIF BEGO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/ 2018)
14420036_BAB II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Aisyam Mardliyyah, Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas V MI Ma’arif Bego Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan ular tangga dalam pembelajaran bahasa Arab dan mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif Bego Sleman Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan 8 tahapan, yaitu identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket ahli materi, ahli media, peer reviewer dan respon siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam persentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tersusunya media permainan ular tangga dalam pembelajaran bahasa arab kelas V tingkat Madrasah Ibtidaiyah dengan kriteria “Sangat Baik” berdasarkan penilaian ahli materi dengan persentase 84,61%, penilaian ahli media dengan persentase 91,11%, dan penilaian peer reviewer dengan persentase 84,67%. 2) Respon siswa dalam uji coba lapangan secara keseluruhan memperoleh kategori penilaian “Positif” dengan persentase 89,58% serta adanya pengaruh media terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai pre-test kelompok terbatas(49), kelompok luas (41) dan hasil rata-rata nilai post-test kelompok terbatas (90), kelompok luas (89). Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukkan bahwa media permainan ular tangga dalam pembelajaran bahasa Arab kelas V MI yang telah dikembangkan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 09:16
Last Modified: 20 Mar 2019 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33533

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum