PENDIDIKAN KARAKTER KH IMAM ZARKASYI

Afi Farkhan Masrur, NIM. 1520410059 (2018) PENDIDIKAN KARAKTER KH IMAM ZARKASYI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER KH IMAM ZARKASYI)
1520410059_ PRA BAB_BAB I_BABIV DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER KH IMAM ZARKASYI)
1520410059_ BAB II DAN BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Tesis ini dilatarbelakangi oleh kenyataan generasi muda yang terpengaruh oleh budaya luar yang negatif. Hadirnya lembaga pendidikan untuk meletakkan pendidikan karakter sebagai dasar dalam setiap peserta didik untuk mengarungi kehidupan bermasyarkat. KH Imam Zarkasyi sebagai pendiri pesantren Gontor, meletakkan dasar pendidikan karakter sebagai ruh dalam kehidupan di pesantren Gontor. Tujuannya adalah untuk mengetahui lebih dalam tentang bagaimana pendidikan karakter KH Imam Zarkasyi. Metode penelitian ini menggunakan Library Research, jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Analisis data menggunakan metode content analysis yang merupakan sebuah analisis terhadap kandungan isi yang berfokus pada interpretasi dari sebuah karya yaitu mencoba menawarkan asumsi-asumsi epistimologi terhadap pemahaman yang tidak hanya berkutat pada analisis teks tetapi juga menekankan pada konteks. Pemikiran KH Imam Zarkasyi tentang pendidikan karakter adalah menanamkan nilai-nilai karakter dalam kehidupan santri melalui penerapan, bimbingan dan teladan dari Kiai serta keluarga pondok. Adapun nilai karakter seperti yang tercantum dalam Motto dan Panca Jiwa Pondok Modern Darussalam Gontor. Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah sebagai sistem sekolah yang menerapkan ilmu pengetahuan umum 100% dan ilmu pengetahuan agama % sebagai bekal santri dimasa mendatang. Studi menemukan bahwa dalam pemikiran pendidikan karakter KH Imam Zarkasyi memiliki karakteristik yang komprehensif, koheren dan progresif. Pemikirannya tentang pendidikan karakter lahir dari kemampuannya merespon perkembangan sosio-historis dan ideologis yang melingkupinya, serta idealisasi terhadap praktik-praktik pendidikan yang dialaminya. Karenanya, sekalipun terlihat pragmatis karena memanfaatkan keunggulan darimana pun, pemikirannya tetap sintesis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Zuhri, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter- KH Imam Zarkasyi
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 04 Mar 2019 14:52
Last Modified: 04 Mar 2019 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33534

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum