PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS DEEPER LEARNING CYCLE (DELC) DI RUMAH BELAJAR BAHASA ARAB TSIQOH TAHUN YOGYAKARTA 2018

Azhar Basyir, NIM. 14420052 (2018) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS DEEPER LEARNING CYCLE (DELC) DI RUMAH BELAJAR BAHASA ARAB TSIQOH TAHUN YOGYAKARTA 2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS DEEPER LEARNING CYCLE (DELC) DI RUMAH BELAJAR BAHASA ARAB TSIQOH TAHUN YOGYAKARTA 2018)
14420052_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS DEEPER LEARNING CYCLE (DELC) DI RUMAH BELAJAR BAHASA ARAB TSIQOH TAHUN YOGYAKARTA 2018)
14420052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mendiskripsikan tentang penerapan Deeper Learning Cycle (DELC) di Rumah Belajar Bahasa Arab Tsiqoh Tahun 2018, serta kelebihan dan kekurangannya. Hasil dari penilitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam dunia pembalajaran khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil obyek penelitian di Rumah Belajar Bahasa Arab Tsiqoh Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawncara dan dokumentasi. sedangkan untuk sumber data adalah empat tentor bahasa Arab, enam peserta didik dari kelas yang berbeda, dan direktur Rumah Belajar Bahasa Arab Tsiqoh. Dalam hal ini penulis menggunakan teknik analisis data dengan tahapan sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, dan terakhir diperiksa keabsahan datanya dengan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) penerapan deeper learning cycle (DELC) secara garis besar berjalan dengan baik namun ada beberapa yang kurang, yaitu masih sedikitnya variasi dalam strategi, metode, dan media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. (2) Kelebihannya adalah efektifnya pengelolaan kelas dan membuat peserta didik mengetahui kapan kaidah bahasa Arab digunakan, kekuranganya adalah masih kurangnya manajemen pada kurikulum, tentor dan administrasi pembelajaran. Kata kunci: Pembelajaran bahasa Arab dan deeper learning cycle (DELC)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, M.M.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bahasa Arab dan deeper learning cycle (DELC)
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 09:16
Last Modified: 20 Mar 2019 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33542

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum