Ta'lim maharah qira'at al kutub li tulab al mustaway al rabi'ah fi al madrasah al salafiyyah al thalithah bi al ma'had al munawwir Krapyak Yogyakarta fi al 'am al dirasiy 2017-2018

Nispu Karomatul Aulia, NIM. 14420060 (2018) Ta'lim maharah qira'at al kutub li tulab al mustaway al rabi'ah fi al madrasah al salafiyyah al thalithah bi al ma'had al munawwir Krapyak Yogyakarta fi al 'am al dirasiy 2017-2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Ta'lim maharah qira'at al kutub li tulab al mustaway al rabi'ah fi al madrasah al salafiyyah al thalithah bi al ma'had al munawwir Krapyak Yogyakarta fi al 'am al dirasiy 2017-2018)
14420060_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Ta'lim maharah qira'at al kutub li tulab al mustaway al rabi'ah fi al madrasah al salafiyyah al thalithah bi al ma'had al munawwir Krapyak Yogyakarta fi al 'am al dirasiy 2017-2018)
14420060_BAB II_S.D._BAB_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Field Research. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan cara berpikir induktif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data penelitian adalah dari kepala madrasah, guru nahwu shorof, guru sorogan, staff kurikulum, staff tata usaha dan santri mustawā rābi’ah. Sedangkan metode analisis data yang digunakan penulis yaitu reduksi data, display data dan kesimpulan & verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Idealita disesuaikan dengan tujuan khusus suatu pembelajaran dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu tingkat pemula, tingkat menengah dan tingkat lanjut. Idealita pembelajaran di Madrasah Salafiyah III Al-Munawwir Krapyak meliputi (a) Tingkat pemula, mustawā i’dādiyah yaitu membaca lancar, membaca masih menggunakan harakat dan mustawā awwal yaitu membaca lancar, memahami kalimat isim, fiil dan huruf, membaca masih menggunakan harakat. (b) tingkat menengah, mustawā ṡāniyah yaitu membaca lancar, memahami kalimat isim, fiil, huruf, I‟rob, sighot dan membacanya masih menggunakan harakat dan mustawā ṡāliṡah yaitu membaca lancar, memahami kalimat isim, fiil, huruf, I‟rob, sighot dan membaca tanpa menggunakan harakat. (c) tingkat lanjut, mustawā rābi’ah yaitu membaca lancar memahami kalimat isim, fiil, huruf, I‟rob, sighot, membaca tanpa menggunakan harakat dan mengetahui murodh atau maksud isi kitab dan mustawā khāmisah yaitu sudah bisa membaca kitab. (2) Pelaksanaan pembelajaran mahārah qirā’ah al-kutub dibagi menjadi dua yaitu (a) pembelajaran teori nahwu shorof di kelas diniyah lailiyah dan (b) pembelajaran mahārah qirā’ah al-kutub dengan metode sorogan. (3) Realita pembelajaran mahārah qirā’ah al-kutub dilihat dari dua penilaian yaitu penilaian pembelajaran nahwu shorof dari ujian tulis dan penilaian qirā’atul kutub dari ujian lisan. Berdasarkan hasil penilaian yang sudah dilakukan guru bahwa kemampuan santri mustawā rābi’ah sepadan artinya kemampuan santri yang belum bisa mampu mengejar santri yang sudah bisa membaca kitab. Kata kunci : idealita, realita, mahārah qirā’ah al-kutub.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agung Setiyawan, S.Pd.I, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: idealita, realita, mahārah qirā’ah al-kutub.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 09:16
Last Modified: 20 Mar 2019 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33549

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum