STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI BUDAYA ORGANISASI DI MA AL MA’HAD AN NUR NGRUKEM SEWON BANTUL YOGYAKARTA

IQRO KENCANAWANGI, NIM.14490079 (2018) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI BUDAYA ORGANISASI DI MA AL MA’HAD AN NUR NGRUKEM SEWON BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI BUDAYA ORGANISASI DI MA AL MA’HAD AN NUR NGRUKEM SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
14490079_BAB-I, V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI BUDAYA ORGANISASI DI MA AL MA’HAD AN NUR NGRUKEM SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
14490079_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan yang berkualitas merupakan harapan dan tuntutan seluruh stakeholder pendidikan. Maka usaha dalam peningkatan mutu pendidikan harus diupayakan dengan terus menerus. Setiap lembaga pendidikan bertanggung jawab untuk mengupayakan mutu pendidikan, tidak terkecuali MA Al Ma’had An Nur Ngrukem Sewon Bantul Yogyakarta yang merupakan lembaga pendidikan Islam yang berbasis Tahfidzul Qur’an dan pesantren, berupaya mandiri untuk meningkatkan mutu pendidikan. Budaya organisasi yang berorientasi pada mutu menjadi pendekatan yang dipilih oleh madrasah dalam strategi kepala madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan di MA Al Ma’had An Nur Ngrukem Sewon Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh warga MA Al Ma’had An Nur. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling, dimana setiap individu tidak memiliki kesempatan yang sama untuk memberikan informasi, dalam arti hanya sampel yang dianggap mengetahui, memahami dan mengalami yang dipilih menjadi narasumber. Data diolah dengan mentranskip, coding, grouping, comparing and contrasting dan narrating. Verifikasi data dengan cara member check, memastikan kebenaran data tersebut kepada narasumber dengan membuat surat pernyataan kebenaran informasi yang diberikan yang ditanda tangani oleh narasumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya organisasi diaplikasikan dalam bentuk model Organizing School for Excellency (OSFEC). Dalam Model tersebut menempatkan kepala madrasah sebagai faktor penentu dalam peningkatan mutu pendidikan melalui budaya organisasi di MA Al Ma’had An Nur. Dalam model tersebut secara spesifik kepala madrasah memiliki strategi-strategi sebagai berikut: (1) Melibatkan seluruh elemen di lingkungan madrasah dan memberikan kepercayaan dalam turut serta mengelola kegiatan/program madrasah, (2) Merekrut sebanyakbanyaknya sumber daya manusia yang berlatar belakang pesantren, (3) Supervisor yang dilakukan secara terang-terangan, (4) Evaluasi yang bersifat terbuka, (5) Mengutamakan kualitas dan terus berusaha mencapai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Miftahus Sa’adah, S.Pd.I, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Mutu Pendidikan, Budaya Organisasi dan Madrasah.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Mar 2019 02:27
Last Modified: 05 Mar 2019 02:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33552

Actions (login required)

View Item View Item