DAMPAK KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH PADA MOTIVASI KERJA GURU DI SMPN 2 PAKUHAJI KABUPATEN TANGERANG

EVA PERMATASARI, NIM.14490085 (2018) DAMPAK KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH PADA MOTIVASI KERJA GURU DI SMPN 2 PAKUHAJI KABUPATEN TANGERANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH PADA MOTIVASI KERJA GURU DI SMPN 2 PAKUHAJI KABUPATEN TANGERANG)
14490085 - BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH PADA MOTIVASI KERJA GURU DI SMPN 2 PAKUHAJI KABUPATEN TANGERANG)
14490085 - BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap fenomena yang terjadi di lapangan pada kenyataannya adalah hubungan antar sesama guru dan kepala sekolah lebih banyak bersifat birokratis dan administratif sehingga tidak mendorong terbangunnya suasana dan budaya professional akademik di kalangan guru. Di SMPN 2 Pakuhaji sendiri komunikasi interpersonal yang terjadi antara kepala sekolah dan guru belum sepenuhnya optimal, karena masih adanya hambatan waktu yang berpengaruh dalam proses pelaksanaan komunikasi interpersonal.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atau mengetahui bagaimana dampak komunikasi interpersonal kepala sekolah baik secara langsung maupun tidak langsung melalui lima sikap positif meliputi keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif serta kesetaraan, dan dapat berpengaruh pada motivasi kerja guru melalui pemenuhan kebutuhan manusia yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan keamanan, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan serta kebutuhan aktualisasi diri. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi transcribing dan sumber data. Hasil penelitian menunjukkan 1) Para pegawai atau guru di SMPN 2 Pakuhaji merasa suasana lingkungan kerja sudah aman, nyaman dan bersih. Sebagian besar guru maupun karyawan yang bekerja juga dapat memenuhi kebutuhan untuk berinteraksi social, 2) Kondisi motivasi kerja guru di SMPN 2 Pakuhaji Kabupaten Tangerang yaitu kepala sekolah sudah menerapkan dan melaksanakan tugasnya sebagai manajer dengan memberikan motivasi serta semangat melalui komunikasi interpersonal secara langsung dengan para guru melalui pemenuhan kebutuhan seperti kebutuhan fisiologis, keamanan, sosial, penghargaan, serta aktualisasi diri 3) Pola komunikasi interpersonal kepala sekolah yang diterapkan di SMPN 2 Pakuhaji Kabupaten Tangerang yaitu pola komunikasi interpersonal lisan (secara langsung) dan komunikasi interpersonal tertulis (secara tidak langsung) 4) Dampak pola komunikasi interpersonal kepala sekolah pada motivasi kerja guru di SMPN 2 Pakuhaji Kabupaten Tangerang dapat berdampak positif pada motivasi kerja guru melalui komunikasi interpersonal secara langsung, sedangkan komunikasi interpersonal secara tidak langsung tidak banyak berpengaruh pada motivasi kerja guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muhammad Qowim, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Motivasi Kerja.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Mar 2019 02:33
Last Modified: 05 Mar 2019 02:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33554

Actions (login required)

View Item View Item