PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI GURU KELAS DENGAN ORANG TUA WALI SISWA KELAS 1, 2, 3 MI MA’ARIF SENDANG KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MIRZA FAZAH, NIM. 16204080059 (2018) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI GURU KELAS DENGAN ORANG TUA WALI SISWA KELAS 1, 2, 3 MI MA’ARIF SENDANG KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI GURU KELAS DENGAN ORANG TUA WALI SISWA KELAS 1, 2, 3 MI MA’ARIF SENDANG KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
16204080059_BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI GURU KELAS DENGAN ORANG TUA WALI SISWA KELAS 1, 2, 3 MI MA’ARIF SENDANG KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
16204080059_ BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (12MB)

Abstract

Salah satu cara untuk meningkatkan komunikasi yang intens, cepat dan terukur antara guru kelas, kepala madrasah dengan orang tua wali siswa. Dengan adanya grup WhatsApp yang telah dibentuk antara guru kelas dengan orang tua wali siswa kelas 1,2,3 ini dapat memudahkan segala informasi dapat diakses dan diterima dengan cepat dan cermat baik berkaitan dengan kegiatan sekolah, maupun hal lain yang berkaitan dengan pendidikan. Komunikasi yang baik dan berjalan lancar dipengaruhi oleh beberapa tingkat pendidikan para pengguna WhatsApp. Baik dari tingkat pendidikan, lulusan dan juga asal sekolah. Hal ini berkaitan erat dengan bahasa dan tanggapan pikiran yang telah disampaikan dalam grup WhatsApp.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi altrenatif antara guru kelas dengan orang tua wali siswa adalah ghj sebagai media komunikasi dengan pakar atau nara sumber, Internet untuk pemberdayaan komunitas masyarakat, pelayanan publik. (2) media social grup WhatsApp mempunyai dampak positif kemudahan dalam memperoleh informasi, kecepatan untuk mendapatkan informasi dan komunikasi, komunikasi dapat berlangsung secara interaktif. Adapun dampak negarif adanya kekhawatiran pengguna terfokus pada dampak pornografi di internet khususnya terhadap anak-anak, Informasi yang tidak ada kaitannya dengan sekolah dan pendidikan. (3) Dipilihnya grup WhatsApp karena adanya jaringan, adanya interaksi, adanya infomasi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana pemanfaatan grup WhatsApp sebagai sarana komunikasi antara guru kelas dengan orang tua wali siswa kelas 1,2,3 MI Ma’arif Sendang Kulon Progo Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Apa saja dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dengan dibentuknya grup WhatsApp ini. (3) serta mengapa media sosial grup WhatsApp yang menjadi pilihannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan field research yang bersifat deskriptif kualitatif, jenis metode lapangan yang menguraikan hasil dari data lapangan yang dilakukan secara langsung. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Kemudian data tersebut diinterpretasikan dan dianalisis untuk mengetahui pemanfaatan adanya grup WhatsApp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Subiyantoro, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media sosial, grup WhatsApp, komunikasi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Mar 2019 06:35
Last Modified: 05 Mar 2019 06:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33566

Actions (login required)

View Item View Item