EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN MUFRADĀT DI MTsN 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018

ZAKIYATUL AMANAH, NIM: 14420070 (2018) EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN MUFRADĀT DI MTsN 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN MUFRADĀT DI MTsN 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN MUFRADĀT DI MTsN 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab. Kesulitan ini disebabkan oleh kurangnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran, sehingga siswa menjadi kurang tertarik dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, muncullah ide untuk menggunakan media Pop-Up sebagai media pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran mufradāt bahasa Arab siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas media pembelajaran Pop-Up dalam peningkatan pemahaman mufradāt bahasa Arab di MTsN 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Objek penelitian adalah kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah dengan melakukan uji-t melalui program SPSS versi 16.0 serta uji normalitas, dan uji homogenitas sebagai prasyarat. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan nilai rata-rata pretest ke posttest yaitu 53,78125 menjadi 74,09375 dan hasil belajar kelas kontrol mengalami peningkatan antara rata-rata nilai pretest dan posttest yaitu 54,82759 menjadi 64,7931. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai posttest kelas kontrol. (2) media pembelajaran Pop-Up dikatakan efektif dalam peningkatan pemahaman mufradāt siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai posttest kelas eksperimen yaitu 74,09375 dengan dasar pengukuran efektivitas menurut Suharsimi Arikunto. Dari penghitungan uji-T jenis Independent Sample T-Test dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar keduanya sehingga Ha diterima. Kaca kunci: Eksperimentasi, Media Pop-Up, Mufradāt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agung Setiyawan, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Eksperimentasi, Media Pop-Up, Mufradāt.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 09:17
Last Modified: 20 Mar 2019 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33567

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum