STUDI KOMPARASI TENTANG MAHĀRAH AL QIRĀ’AH ANTARA SISWA MUKIM DAN SISWA NONMUKIM PONDOK PESANTREN DI MTs MA’ARIF AL HUDA SALAMAN MAGELANG KELAS VIII TAHUN AJARAN 2017/2018

MUR TASIMAH, NIM. 14420074 (2018) STUDI KOMPARASI TENTANG MAHĀRAH AL QIRĀ’AH ANTARA SISWA MUKIM DAN SISWA NONMUKIM PONDOK PESANTREN DI MTs MA’ARIF AL HUDA SALAMAN MAGELANG KELAS VIII TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI TENTANG MAHĀRAH AL QIRĀ’AH ANTARA SISWA MUKIM DAN SISWA NONMUKIM PONDOK PESANTREN DI MTs MA’ARIF AL HUDA SALAMAN MAGELANG KELAS VIII TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420074_BAB-I_V-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI TENTANG MAHĀRAH AL QIRĀ’AH ANTARA SISWA MUKIM DAN SISWA NONMUKIM PONDOK PESANTREN DI MTs MA’ARIF AL HUDA SALAMAN MAGELANG KELAS VIII TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah anggapan masyarakat mengenai mahārah al qirā’ah siswa mukim pondok pesantren lebih tinggi daripada mahārah al qirā’ah siswa nonmukim pondok pesantren. Anggapan tersebut belum tentu benar karena tujuan pembelajaran mahārah al qirā’ah yakni agar semua siswa mempunyai kemampuan membaca huruf hijaiyah dan memahami teks berbahasa Arab yang baik siswa mukim maupun siswa nonmukim pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada mahārah al qirā’ah antara siswa mukim dan siswa nonmukim pondok pesantren kelas VIII di MTs Maarif Al Huda Salaman Magelang Tahun Ajaran 2017/2018 beserta faktor-faktor yang mempengaruhi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes terkait mahārah al qirā’ah siswa. Analisi data yang digunakan adalah analisis Independent T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada mahārah al qirā’ah siswa mukim dan siswa nonmukim pondok pesantren di MTs Maarif Al Huda Salaman Magelang kelas VIII Tahun Ajaran 2017/2018 baik qirā’ah shāmitah maupun qirā’ah jahriyah. Hal tersebut dibuktikan dari taraf signifikasi untuk qirā’ah shāmitah sebesar 0.424 > 5%, sedangkan taraf signifikansi untuk qirā’ah jahriyah sebesar 0.76 > 5%. Adapun taraf Signifikansi untuk mahārah al qirā’ah bahasa Arab siswa sebesar 0.695 > 5%. (2) Faktor-faktor yang memiliki pengaruh tinggi pada mahārah al qirā’ah siswa antara lain: (a)Lingkungan yang mendukung dalam pembelajaran bahasa Arab(b)Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran(c)Minat dan motivasi siswa (d)Metode pembelajaran. Kata Kunci : Komparasi, Mahārah Al Qirā’ah, Siswa Mukim dan Siswa Nonmukim

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Nurul Huda, M. Pd. I.
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Mahārah Al Qirā’ah, Siswa Mukim dan Siswa Nonmukim
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 02:17
Last Modified: 20 Mar 2019 02:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33568

Actions (login required)

View Item View Item