PESAN-PESAN DAKWAH DALAM CERPEN DI MAJALAH KUNTUM TAHUN 2007-2008

SISWANTI - NIM. 05210029, (2010) PESAN-PESAN DAKWAH DALAM CERPEN DI MAJALAH KUNTUM TAHUN 2007-2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PESAN-PESAN DAKWAH DALAM CERPEN DI MAJALAH KUNTUM TAHUN 2007-2008)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (780kB) | Preview
[img] Text (PESAN-PESAN DAKWAH DALAM CERPEN DI MAJALAH KUNTUM TAHUN 2007-2008)
BAB II,III,.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)

Abstract

Menurut Harorl D. Lasswell yang menyatakan bahwa cara terbaik menerangkan proses komunikasi adalah dengan menjawab pertanyaan berikut Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect? ( Siapa mengatakan apa dengan saluran apa kepada siapa dengan efek bagaimana?) Model lasswell ini banyak diterapkan dalam komunikasi massa. Dalam komunikasi masa pesan-pesannya dapat dibedakan menjadi beberapa karakteristik. Seperti salah satu karakteristik pesan-pesan komunikasi massa yang diungkapkan oleh Charles Wright yaitu publicly , dimana pesan-pesan komunikasi massa pada umumnya tidak ditunjukan orang per orang secara eksklusif, melainkan bersifat terbuka, untuk umum atau public. Semua anggota mengetahui bahwa orang lain menerima pesan yang sama, dan disampaikan secara publicly. Berbicara mengenai pesan, pesan yang disampaikan komunikator kepada komunikan bisa beraneka ragam. Salah satunya Pesan yang bisa disampaikan komunikator kepada komunikan berupa ajaran agama. Dalam agama Islam, pesan ajaran agama yang disampaikan bisa disebut dengan pesan dakwah. Dalam era informasi ini, masyarakat khususnya remaja nampak sekali dijadikan sasaran orang-orang yang bermisi menjauhkan mereka dari nilai ajaran Islam. Mereka dicekoki berbagai sajian bacaan yang isinya hampir tidak menyentuh nilai ajaran islam lewat tabloid, majalah, buku, TV, internet atau media komunikasi lainnya. Remaja yang tidak mengetahui, tidak memahami dam berpegang teguh pada ajaran Islam mudah saja terpengaruh oleh budaya barat. Hidup mereka jauh dari ajaran Islam. Mereka mengikuti gaya hidup yang glamour, yang mencari kesenangan dan kepuasan sesaat dengan jalan apapun tanpa peduli masa depan bagaimana. Mereka hanya mementingkan hidup dunia tanpa mau tahu kelak akhiratnya bagaimana.. Dari kasus ini penulis mencoba menvisualisasikan pesan-pesan dakwah dalam cerpen. Cerpen adalah cerita singkat yang memusat pada satu tokoh dan biasanya dibaca sekali duduk. Sekecil apapun nilai pesan dakwah dalam tulisan akan sangat berarti untuk disampaikan kepada pembaca. Pembaca bisa meneladani tokoh yang berkarakteristik menjalankan ajaran islam dari suatu cerpen. Dari situ pembaca bisa memahami indahnya islam dan menjalani hidup secara islam. Objek penelitian ini mengambil setting di salah majalah remaja yang terbit setiap bulan, Majalah Kuntum sebagai tempat penelitian. Penulis merasa bahwa majalah Kuntum merupakan salah satu majalah yang bervisi-misi untuk berdakwah. Majalah kuntum memuat rubrik-rubrik yang benuansa islami. Dari abstraksi di atas penulis mencoba merumuskan permasalahan yang akan penulis kaji dari penelitian adalah mendeskripsikan dan menganalisis pesanpesan dakwah dalam rubrik cerpen di majalah Kuntum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : 1. Dra. Evi Septiani TH, M. Si 2. Drs. Achmad Munif
Uncontrolled Keywords: pesan-pesan dakwah, cerpen, majalah Kuntum
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2013 15:18
Last Modified: 16 Oct 2015 03:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3357

Actions (login required)

View Item View Item