EKSPERIMENTASI METODE DRILL DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN QIRÂ’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

ATINA BALKIS IZA, NIM. 14420092 (2018) EKSPERIMENTASI METODE DRILL DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN QIRÂ’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE DRILL DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN QIRÂ’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420092_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE DRILL DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN QIRÂ’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420092_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai dua tujuan: untuk mengetahui proses pembelajaran keterampilan qira’ah dengan metode drill. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar bahasa Arab antara kelas eksperimen yang menggunakan metode drill dalam meningkatkan keterampilan qira’ah dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan metode drill. Latar belakang penelitian ini adalah masih ada sebagian siswa yang kesulitan dalam membaca bahasa Arab. Padahal, keterampilan membaca merupakan salah satu unsur terpenting dalam memahami teks bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan Random Sampling, untuk sampel yang diambil adalah dua kelas, yaitu kelas X IPA 3 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas dengan rumus Korelasi Product Moment Karl Pearson. Uji reabilitas menggunakan rumus Alpha. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Kolmogorov-Smirnov. Sedangkan, uji homogenitas menggunakan rumus Analisis Varian. Analisis data menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 63,66. Sedangkan kelompok eksperimen sebesar 67,88. Sedangkan, hasil uji t diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,039 < 0,05 yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar bahasa Arab keterampilan qira’ah antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Maka metode drill dapat digunakan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan qira’ah. Kata kunci: metode, drill, keterampilan qira’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rohmatun Lukluk Isnaini, S.Pd.I., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: metode, drill, keterampilan qira’ah.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Mar 2019 15:00
Last Modified: 21 Mar 2019 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33572

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum