PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS N 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018

Dewi Almahfudhoh, NIM. 14420094 (2018) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS N 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS N 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420094_BAB-1_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS N 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan antara kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa kelas VIII MTs N 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sedangkan jenis penelitian nya adalah penelitian lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 1 Bantul dengan menggunakan tehnik acak atau random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis regresi sederhana dengan bantuan software SPSS. Analisis regresis yang digunakan adalah dengan melihat output coeeficient, output anova, serta output model summary. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) nilai rata- rata tes kemampuan membaca Al-Qur’an termasuk dalam kategori baik dengan nilai 75,50. 2) nilai rata- rata tes kemampuan membaca teks bahasa Arab termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai 85,53. 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap membaca teks bahasa Arab ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 pada uji Anova, dengan intrepretasi pengaruh yang sangat kuat antara kedua variabel dengan nilai R = 0,827 pada uji Summary. Adapun prosentase pengaruh kedua variabel dilihat dari nilai R square =0,685, yaitu 68,5%. Dapat disimpulkan bahwa semakin baik siswa dalam membaca Al-Qur’an, maka semakin baik pula kemampuan membaca teks bahasa Arab nya. Kata kunci: Pengaruh, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Teks Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agung Setiyawan, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Teks Bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Mar 2019 15:00
Last Modified: 21 Mar 2019 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33574

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum