MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN 3M (MEWARNAI, MENGGUNTING, MENEMPEL) DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK A1 TK PERTIWI 39 TRIMULYO, JETIS, BANTUL

IRMA OKTAVIANI ANA SARI, NIM. 14430006 (2018) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN 3M (MEWARNAI, MENGGUNTING, MENEMPEL) DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK A1 TK PERTIWI 39 TRIMULYO, JETIS, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN 3M (MEWARNAI, MENGGUNTING, MENEMPEL) DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK A1 TK PERTIWI 39 TRIMULYO, JETIS, BANTUL)
14430006_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN 3M (MEWARNAI, MENGGUNTING, MENEMPEL) DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK A1 TK PERTIWI 39 TRIMULYO, JETIS, BANTUL)
14430006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan motorik halus pada anak usia dini perlu diberikan stimulus yang baik. Sebagai seorang guru dalam memberikan stimulus kepada anak-anak saat kegiatan pembelajaran dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi anak dalam menyelesaikan kegiatan. Namun dalam permasalahan yang dihadapi tentang perkembangan motorik halus anak dalam kegiatan 3M (mewarnai, menggunting, menempel) tidak bisa berjalan dengan lancar. Salah satu mengenai minat anak yang kurang dalam menyelesaikan kegiatan serta dalam mengkoordinasi mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit belum mencapai hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui seberapa besar perkembangan motorik halus anak dalam hal mewarnai, menggunting, dan menempel (3M) di TK Pertiwi 39 Trimulyo, (2) Mengetahui pelaksanaan perkembangan motorik halus anak dengan kegiatan mewarnai, menggunting, dan menempel (3M) dengan metode demonstrasi di TK Pertiwi 39 Trimulyo, (3) Mengetahui seberapa besar perkembangan motorik halus anak setelah diterapkan kegiatan mewarnai, menggunting, dan menempel (3M) dengan metode demonstrasi di TK Pertiwi 39 Trimulyo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A1 TK Pertiwi 39 Trimulyo yang terdiri dari 14 anak. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Maret tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan motorik halus pra tindakan kategori berkembang sesuai harapan 7,7%. (2) penerapan metode demonstrasi terbukti dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak, hal ini dapat dilihat dari kategori rendah pada siklus I menjadi kategori tinggi pada siklus II. (3) setelah diterapkan metode demonstrasi pada siklus I mencapai 50,00% dengan kategori berkembang sangat baik. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan persentase 85,70% kategori berkembang sangat baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Hafidh Aziz, M.Pd.I,
Uncontrolled Keywords: Motorik halus, 3M (Mewarnai, Menggunting, Menempel) dengan metode Demonstrasi
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Mar 2019 07:56
Last Modified: 05 Mar 2019 07:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33578

Actions (login required)

View Item View Item