Tajribat lu'bah al hamsah al musalsalah fi tarqiyyah maharah al istima' wa al kalam li tulab al fasl al thamin fi madrasah Nurul Ummah al thanawiyah bi Yogyakarta fi al sanah al dirasah 2017-2018

Eka Utari Handayani, NIM. 14420111 (2018) Tajribat lu'bah al hamsah al musalsalah fi tarqiyyah maharah al istima' wa al kalam li tulab al fasl al thamin fi madrasah Nurul Ummah al thanawiyah bi Yogyakarta fi al sanah al dirasah 2017-2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Tajribat lu'bah al hamsah al musalsalah fi tarqiyyah maharah al istima' wa al kalam li tulab al fasl al thamin fi madrasah Nurul Ummah al thanawiyah bi Yogyakarta fi al sanah al dirasah 2017-2018)
14420111_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (Tajribat lu'bah al hamsah al musalsalah fi tarqiyyah maharah al istima' wa al kalam li tulab al fasl al thamin fi madrasah Nurul Ummah al thanawiyah bi Yogyakarta fi al sanah al dirasah 2017-2018)
14420111_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya nilai maharah alistima’ dan al-kalam Arab di MTs nurul Ummah dikarenakan kurangnya kreatifitas guru dalam mengajar dan tidak ada pelatihan terhadap 4 kemahiran bahasa Arab serta keterbatasan tenaga pengajar yang dapat mendukung proses berjalannya bahasa (penerapan bahasa) selain itu metode yang digunakan guru adalah metode konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan nilai maharah al-istima’ dan al-kalam dengan permainan bisik berantai dan untuk mengetahui perbedaan nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Nurul Ummah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuntitatif dan metode ekperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisi data yang digunakan berupa teknik analisis kuantitatif dengan metode statistik deskriftif dan inferensial. Adapun hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan nilai ratarata maharah al-istima’ dan al-kalam pada kelas eksperimen pada pra tindakan dan pasca tindakan. Dari hasil pengukuran pretest dan posttest maharah alistima’ terrdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 25.83 yaitu dari nilai ratarata kemampuan awal sebesar 61.91 meningkat menjadi 87.75. Adapun untuk peningkatan nilai rata-rata al-kalam sebesar 25, yaitu dari nilai rata-rata kemampuan awal sebesar 61.87 meningat menjadi 86.87. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan bisik berantai dapat meningkatkan maharah al-istima’ dan al-kalam bahasa Arab. Berdasarkan hasil uji t nilai maharah al-istima’ sig.(2-tailed) =0.008 sehingga nilai sig. (2-tailed) 0.050. Adapun untuk nilai maharah kalam yakni 0.000 sehingga nilai sig.(2-tailed) 0.050 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap maharah al-istima’ dan al-kalam siswa setelah dilaksanakannya perlakuan dengan media permainan bisik berantai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan bisik berantai dapat dijadikan salah satu solusi alternatif dalam meningkatkan maharah alistima’ dan al-kalam dalam pembelajaran bahasa Arab. Kata Kunci : Bisik Berantai, Maharah Al-Istima’, Maharah Al-Kalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurul Huda, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Bisik Berantai, Maharah Al-Istima’, Maharah Al-Kalam.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Mar 2019 15:01
Last Modified: 21 Mar 2019 15:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33598

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum