PENGEMBANGAN BERPIKIR INTEGRATIF DALAM PENDIDIKAN TAKHASUS DAN PENDIDIKAN UMUM (Studi Kasus di Pondok PesantrenAl–Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat)

Arif Al Ghazy, NIM. 16204010005 (2018) PENGEMBANGAN BERPIKIR INTEGRATIF DALAM PENDIDIKAN TAKHASUS DAN PENDIDIKAN UMUM (Studi Kasus di Pondok PesantrenAl–Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BERPIKIR INTEGRATIF DALAM PENDIDIKAN TAKHASUS DAN PENDIDIKAN UMUM (Studi Kasus di Pondok PesantrenAl–Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat))
16204010005_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BERPIKIR INTEGRATIF DALAM PENDIDIKAN TAKHASUS DAN PENDIDIKAN UMUM (Studi Kasus di Pondok PesantrenAl–Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat))
16204010005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (14MB)

Abstract

Berfikir integratif merupakan jawaban yang dinantikan umat Islam dewasa ini, corak berfikir seperti inilah yang akan dapat mendamaikan perseteruanperseteruan yang terjadi akibat golongan dan bendera organisasi yang berbeda, pada hakikatnya di dalam perbedaan terdapat persamaan yang sangat memungkinkan untuk disatukan karena terkandung sebuah ideologi bahwa kuatnya sebuah bangunan terdiri dari berbagai macam material yang berbeda, indahnya sebuah lukisan tercipta dari perpaduan warna yang berbeda, ketika berdiri menegakan sholat, satu irama satu gerakan dengan imam, satu lantunan yang dikeluarkan tanpa memandang dari negara mana ia berasal, warna kulit apa yang menempel pada tubuhnya, bahasa apa yang ia gunakan.Yayasan Pondok Pesantren Al-Ishlahuddiny menerapkan integrasi lembaga yang bertujuan untuk mencetak peserta didik yang moderat. Oleh karena itu, penulis ingin meneliti lebih dalam bagaimana pengembanga berfikir integratif dalam pendidikan Takhasus dan pendidikan umum (STID) Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana cara untuk bisa memiliki corak berpikir yang integratif, instrumen apakah yang dibutuhkan untuk mencapai corak berpikir yang integratif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif dengan model penelitian Kualitatif dengan menggunakan teori tentang berpikir perspetif psikologi, teori tentang integratif beserta landasan, konsep, dan model integratif, yang kemudian dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, landasan integrasi yang diterapkan oleh Yayasan Pondok Pesantren AL-Ishlahuddiny ini adalah landasan Teologis, Filosofis, Kultural, Sosiologis dan Historis. Konsep integrasi yang diterapkan adalah konsep prisma segi enam. Sudut tertinggi dari prisma tersebut adalah Tuhan, sudut terendahny adalah peserta didik, empat sudut lainya berfungsi sebagai penjagaan di kedua sisi agar peserta didik tidak membiaskan pemikiran dalam memahamai bahan pelajaran yang disuguhkan, hal tersebut juga didukung oleh interpensi guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Integratif, Lembaga, Intlektual Tradisional, Riset Ilmiah.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 Mar 2019 04:17
Last Modified: 06 Mar 2019 04:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33603

Actions (login required)

View Item View Item