ANALISIS KUALITAS LAYANAN DI PERPUSTAKAAN PUSAT STUDI KEPENDUDUKAN DAN KEBIJAKAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA DENGAN METODE LIBQUAL+TM

ISMULYANA, NIM. 1520011016 (2018) ANALISIS KUALITAS LAYANAN DI PERPUSTAKAAN PUSAT STUDI KEPENDUDUKAN DAN KEBIJAKAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA DENGAN METODE LIBQUAL+TM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KUALITAS LAYANAN DI PERPUSTAKAAN PUSAT STUDI KEPENDUDUKAN DAN KEBIJAKAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA DENGAN METODE LIBQUAL+TM)
1520011016 - BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KUALITAS LAYANAN DI PERPUSTAKAAN PUSAT STUDI KEPENDUDUKAN DAN KEBIJAKAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA DENGAN METODE LIBQUAL+TM)
1520011016 - BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan di Perpustakaan Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada (UGM) dari persepsi pemustaka. Hal ini perlu dilakukan agar perpustakaan bisa memberikan layanan yang sesuai dengan harapan pemustaka. Adapaun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh staf peneliti di Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM, mahasiswa Magister dan Doktor Studi Kebijakan, mahasiswa S2 Kependudukan dan mahasiswa Magister Administrasi Publik UGM yang semuanya berjumlah 158 orang. Untuk menentukan sampelnya dengan metode Proportionate Stratified Random Sample, yang akhirnya diperoleh sebanyak 113 orang responden. Penelitian ini menggunakan Metode LibQual +TMdengan 4 dimensi, yang meliputi: service affect (SA), library as place (LP), personal control (PC) dan information acces (IA). Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dan pengamatan langsung. Sementara itu analisis datanya menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) yang terdiri dari 2 komponen, yakni: analisis kesenjangan dan analisis kuadran. Hasil penelitian ini menunjukkan, secara umum responden menganggap kualitas layanan di Perpustakaan Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada sudah sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai Indeks Kepuasan Pemustaka (IKP) sebesar 85,30 % atau masuk kategori sangat baik. Namun jika dilihat dari nilai kesenjangan (Gap) dari keempat dimensi yang diteliti, hasilnya adalah: service affect (-0,19), library as place (-0,54), personal control (-0,38) dan information acces (-0,64). Hasil tersebut menunjukkan bahwa persepsi pemustaka terhadap layanan di perpustakaan tersebut masih berada di bawah harapannya. Sementara itu dari hasil analisis kuadran terdapat 5 item layanan yang perlu diprioritaskan untuk ditingkatkan kinerjanya, yakni: pustakawan memahami kebutuhan informasi yang diperlukan pemustaka, pustakawan dapat dipercaya karena punya pengetahuan cukup dalam bidangnya, tersedia panduan penggunaan fasilitas penelusuran informasi, penataan koleksi sangat memudahkan menemukan informasi dan informasi yang dibutuhkan relatif cepat untuk ditemukan. Karena pemustaka mempunya harapan yang tinggi atas kelima unsur layanan tersebut, namun persepsi mereka masih berada di bawah harapannya. Sehingga perpustakaan masih perlu meningkatkan kualitas kelima unsur layanan agar sesuai dengan harapan pemustaka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Anis Masruri, M.Si
Uncontrolled Keywords: kualitas layanan perpustakaan, libqual+TM,, analisis kesenjangan, analisis kuadran
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 06 Mar 2019 04:28
Last Modified: 06 Mar 2019 04:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33604

Actions (login required)

View Item View Item