KLENTENG PAO SIAN LIN KONG DI DESA PABIAN SUMENEP (Studi Relasi Mayoritas Muslim dan Minoritas Penganut Tridharma)

Syauqi, NIM: 11520023 (2018) KLENTENG PAO SIAN LIN KONG DI DESA PABIAN SUMENEP (Studi Relasi Mayoritas Muslim dan Minoritas Penganut Tridharma). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KLENTENG PAO SIAN LIN KONG DI DESA PABIAN SUMENEP (Studi Relasi Mayoritas Muslim dan Minoritas Penganut Tridharma))
11520023_BAB-1_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KLENTENG PAO SIAN LIN KONG DI DESA PABIAN SUMENEP (Studi Relasi Mayoritas Muslim dan Minoritas Penganut Tridharma))
11520023_BAB-II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Relasi antara mayoritas-minoritas agama di suatu daerah sangat sering dijumpai. Seperti yang terjadi di Desa Pabian, Kec. Kota Sumenep, Kab. Sumenep Madura antara penganut keyakinan Tridharma sebagai kelompok minoritas yang berpusat di Klenteng Pao Sian Lin Kong dengan masyarakat desa setempat yang mayoritas beragama Islam sangat layak untuk diperhatikan. Sebab relasi yang terbangun antar pemeleuk agama sudah lama terjadi di desa tersebut. Dibuktikan dengan keberadaan klenteng yang berdiri sekitar tahun 1851. Meskipun dalam perjalanannya, antar kelompok penganut keyakinan keagamaan sering dijumpai adanya politik identitas yang cenderung dimanfaatkan oleh beberapa individu atau kelompok untuk meraih keuntungan dengan menggunakan isu mayoritasminoritas, namun tidak menghalangi pembauran antar kelompok di desa tersebut. Berangkat dari hal tersebut, perlu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana relasi yang dibangun antar umat beragama. Adapun penelitian yang dilakukan adalah berbasis lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif dengan mendatangi langsung objek untuk mendapatkan informasi baik tertulis atau secara lisan. Sehingga diperoleh sumber data yang diperlukan untuk penelitian dengan cara observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk mempermudah dalam menganilisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penyusun menggunakan pendekatan sosiologis. Sehingga hasil dan tujuan dari penelitian ini dapat dipertanggungjawabkan yaitu, untuk mengetahui pola relasi dan keterlibatan masyarakat Desa Pabian dalam menjaga kerukunan umat beragama di desa tersebut. Penelitian ini memberikan sebuah kesadaran bahwa dengan adanya kerjasama yang bersifat akomodatif sebagai upaya meredam segala gejolak yang ada dalam masyarakat multikutural sangat dibutuhkan. Sebab sikap akomodatif dalam prakteknya saling menguntungkan bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Ahmad Singgih Basuki, M.A.
Uncontrolled Keywords: KLENTENG, PAO SIAN LIN KONG
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Mar 2019 08:56
Last Modified: 21 Mar 2019 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33609

Actions (login required)

View Item View Item