PENGARUH SIMBOLISME SURGA DAN NERAKA TERHADAP PERILAKU KESEHARIAN MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA

Ifan Julian Alif, NIM. 11520040 (2018) PENGARUH SIMBOLISME SURGA DAN NERAKA TERHADAP PERILAKU KESEHARIAN MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SIMBOLISME SURGA DAN NERAKA TERHADAP PERILAKU KESEHARIAN MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA)
11520040_BAB-I_BAB-5_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SIMBOLISME SURGA DAN NERAKA TERHADAP PERILAKU KESEHARIAN MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA)
11520040_BAB-II-III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Pengaruh Simbolisme Surga dan Neraka terhadap Perilaku Keseharian Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga. Dalam kajian ini, peneliti mendedah ihwal surga dan neraka serta pengaruhnya terhadap perilaku keseharian. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUSPI). Mahasiswa dalam kajian ini peneliti posisikan sebagai mereka yang masih berstatus mahasiswa aktif angkatan 2011-2017, yang memiliki latar belakang kehidupan keberagamaan beragam, unik sekaligus problematis. Dari keragaman dan keunikan tersebut peneliti kemudian mengelaborasi sejauh mana pengaruh keduanya, khususnya yang berkaitan dengan keimanan terhadap surga dan neraka, memberi dampak terhadap pola pikir dan gaya hidup mahasiswa di FUSPI. Penelitian ini secara khusus dilakukan menggunakan teori simbolisme Mircea Eliade. Simbolisme surga dan neraka akan dikupas secara detil berdasarkan teori simbol yang dikembangkan oleh Eliade. Ia menegaskan bahwa yang terpenting dari simbol bukan soal bentuk maupun eksistensinya, melainkan pengaruh yang ditimbulkannya. Kendati surga dan neraka merupakan entitas yang sama sekali belum terjamah dan terbukti keberadaannya secara ilmiah, tetapi pengaruhnya cukup kentara dalam kehidupan umat manusia. Penelitian ini menggunakan metode field research dengan pendekatan antropologis karena persoalan dampak yang ditimbulkan oleh simbolisme surga dan neraka tidak akan maksimal hasilnya apabila dikaji menggunakan library research. Adapun hasil dari penelitian ini berupa indikasi bahwa simbolisme surga dan neraka bagi sebagian mahasiswa memberi pengaruh signifikan dalam perilaku keseharian, sedangkan bagi sebagian yang lain tidak memberi pengaruh sama sekali. Perbedaan dampak tersebut rupanya tidak bisa diukur dari latar belakang keagamaan maupun dari tempat di mana mahasiswa bertempat tinggal selama melaksanakan studi. Sebab kualitas pengaruh sebuah simbol tidak sepenuhnya dapat dipahami secara objektif, melainkan juga bergantung pada sejauh mana simbol tersebut dipercaya, dipahami dan dihayati. Kata kunci: Simbolisme, Surga dan Neraka, Mahasiswa FUSPI, Mircea Eliade

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Ahmad Salehudin, M.A.
Uncontrolled Keywords: Simbolisme, Surga dan Neraka, Mahasiswa FUSPI, Mircea Eliade
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Mar 2019 08:57
Last Modified: 21 Mar 2019 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33610

Actions (login required)

View Item View Item