METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN ASMA’UL HUSNA ANAK KELAS B1 TK PESANTENAN PATI JAWA TENGAH

UMMIE ROCHMAH, NIM. 14430022 (2018) METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN ASMA’UL HUSNA ANAK KELAS B1 TK PESANTENAN PATI JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN ASMA’UL HUSNA ANAK KELAS B1 TK PESANTENAN PATI JAWA TENGAH)
14430022_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN ASMA’UL HUSNA ANAK KELAS B1 TK PESANTENAN PATI JAWA TENGAH)
14430022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di TK Pesantenan Pati, yang beralamat di Desa Sarirejo RT 04 RW 01 Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengan dengan kode pos 59118. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara pendidik dalam mengajarkan pembelajaran Asma’ul Husna anak melalui metode bernyanyi di kelas B1 TK Pesantenan Pati Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas B1, dan anak didik kelas B1 TK Pesantenan Pati Jawa Tengah. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisi data menggunakan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tenik uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa (1) upaya yang dilakukan pendidik dalam mengembangkan pembelajaran Asma’ul Husna anak kelas B1 TK Pesantenan pati adalah menggunakan metode bernyanyi. Pembelajaran Asma’ul Husna dilakukan setiap hari sebelum berdoa mau belajar. Selain itu pendidik selalu memberikan contoh dalam menyanyikan lagu Asma’ul Husna Nadham. (2) penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran Asma’ul Husna dilakukan setiap hari yaitu setelah bernyanyi dan sebelum berdoa mau belajar. Sebelum bernyanyi pendidik memberikan contoh kepada anak didik, dan kemudian diikuti oleh anak didik. pembelajaran Asma’ul Husna selalu dimulai dari awal hingga terakhir hafalan, dan barulah di tambah dengan Asma’ baru. Pembelajaran Asma’ul Husna berlangsung selama 15 menit. (3) Membiasakan anak mengulang pembelajaran Asma’ul Husna, akan membantu anak menjadi lebih mudah menghafal. Hal ini dikarenakan anak didik tidak hanya menghafal di sekolah, tetapi hafalan anak diulang kembali di rumah. Selain itu, pendidik selalu berbicara kepada orang tua tentang hafalan Asnak di sekolah, sehingga terjadi keselarasan di rumah dan di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M.,
Uncontrolled Keywords: metode bernyanyi, asma’ul husna, anak
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Mar 2019 01:43
Last Modified: 08 Mar 2019 01:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33624

Actions (login required)

View Item View Item