PROSES BIMBINGAN TERHADAP SISWA KURANG BERPRESTASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MA\'ARIF KALEGEN BANDONGAN MAGELANG

NITA ERFIYANA FAIZAH - NIM. 04220018, (2010) PROSES BIMBINGAN TERHADAP SISWA KURANG BERPRESTASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MA\'ARIF KALEGEN BANDONGAN MAGELANG. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi yang berjudul \ quot;Proses Bimbingan Terhadap Siswa Kurang Berprestasi di Sekolah Menengah Pertama Ma\'arif Kalegen Bandongan Magelang. Dalam penelitian ini peneliti berusaha mengungkapkan tentang rangkaian tindakan dalam pemberian bantuan yang dilakukan oleh pembimbing terhadap siswa kelas VII yang kurang berprestasi di Sekolah Menengah Pertama Ma\'arif. Dan yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana rangkaian tindakan dalam pemberian bantuan yang dilakukan oleh pembimbing terhadap siswa kurang berprestasi pada kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Ma\'arif Kalegen Bandongan Magelang pada tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan rangkaian tindakan dalam pemberian bantuan yang dilakukan oleh guru pelajaran, guru pendamping dan pembimbing terhadap siswa kelas VII yang kurang berprestasi di Sekolah Menengah Pertama Ma\'arif Kalegen Bandongan Magelang. Secara teoritis, penelitian ini memberikan sumbangan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan bidang bimbingan dan konseling dalam meningkatkan belajar siswa yang kurang berprestasi. Dan secara praktis sebagai masukan bagi guru pelajaran, guru pendamping dan guru BK dalam meningkatkan belajar siswa yang kurang berprestasi di sekolah agar dalam menjalankan bantuan dapat berjalan secara efektif dan optimal. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian lapangan yang mana penulis meneliti secara langsung terhadap obyek yang diteliti. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menekankan analisis terhadap dinamika hubugan antar fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah. Data yang peneliti peroleh dengan tiga cara yaitu interview, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif analisis yaitu berusaha menjabarkan hasil-hasil pemikiran yang sudah dijabarkan daalam pengumpulan data untuk memahami pengertian dan maksud yang terkandung di dalamnya. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan. Peneliti memperoleh keterangan bahwa rangkaian tindakan dalam pemberian bantuan yang dilakukan oleh pembimbing terhadap siswa kurang berprestasi di Sekolah Menengah Pertama Ma\'arif Kalegen Bandongan Magelang menggunakan tahap-tahap yang harus ditempuh oleh pembimbing. Adapun tahap-tahap bimbingan tersebut meliputi : penelaah status, perkiraan sebab dan pemecahan kesulitan dan penilaiannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Cth. Pembimbing : Drs. Abror Sodik, M.Si
Uncontrolled Keywords: bimbingan terhadap siswa kurang berprestasi, Sekolah Menengah Pertama Ma\'arif Kalegen Bandongan Magelang
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3363

Actions (login required)

View Item View Item