PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI KELAS B2 TK ISLAM TERPADU SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

SARTIKA M TAHER, NIM. 14430035 (2018) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI KELAS B2 TK ISLAM TERPADU SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI KELAS B2 TK ISLAM TERPADU SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
14430035_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI KELAS B2 TK ISLAM TERPADU SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
14430035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini. Upaya yang dilakukan guru, faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini kelas B2 TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di kelas B2 TK TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan anak didik di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in. Adapun pengambilan data dengan melakukan observasi (pengamatan), wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan tersusun secara sistematis kemudian ditarik kesimpulan dan mengecek keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Upaya yang dilakukan dalam mengembangkan kreativitas seperti melalui produk, pribadi, pendiring proses, pembiasaan, keteladanan, Riwerd/hadiah, motivasi, quis, pendekatan dengan anak, komunikasi dan kerja sama dengan orang tua wali untuk menumbuhkan kreativitas anak di rumah. Sedangkan implementasi dalam proses pembelajaran di sentra: yaitu: sentra imtaq, bahan alam, peran, balok, persiapan, seni dan ekstra, (2) Peran guru dan kepala sekolah dalam mengembangkan kreativitas adalah berperan sebagai pengajar, fasilitator, pembimbing, pelatih, evaluasi, pendidik, motivator, penasehat, teladan, dan pengambil keputusan, (3) Faktor pendukung dalam mengembangkan kreativitas yaitu manajemen waktu, kematangan usia, buku penghubung kegiatan setiap hari, kondisi lingkungan sekolah, sarana prasarana dan faktor interen dalam diri anak sedangkan faktor penghambat adalah peran keluarga yang tidak singkron dengan pengembangan kreativitas anak di sekolah maupun di rumah, pengawasan guru yang terlalu ketat sehingga membatasi ruang anak untuk berimajnasi, dan rasa emosional anak yang berlebihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M.,
Uncontrolled Keywords: peran guru, kreativitas, anak usia dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Mar 2019 02:08
Last Modified: 08 Mar 2019 02:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33630

Actions (login required)

View Item View Item