IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTADIDIK KELOMPOK A KB-TK AL-AZHAR 38 BANTUL

DIAN ANGGRAINI, NIM. 14430044 (2018) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTADIDIK KELOMPOK A KB-TK AL-AZHAR 38 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img] Text (IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTADIDIK KELOMPOK A KB-TK AL-AZHAR 38 BANTUL)
14430044_BAB I_ V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (20MB)
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTADIDIK KELOMPOK A KB-TK AL-AZHAR 38 BANTUL)
14430044_BAB II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya tingkat perkembangan peserta didik yang beragam mulai dari peserta didik dibawah rata-rata, sedang, dan diatas rata-rata. Dari ketiga kemampuan peserta didik tersebut, peserta didik dibawah rata-rata dan sedang tidak dapat menerima pembelajaran jika hanya menggunakan satu metode. Digunakannya metode demonstrasi diharapkan dapat mencakup seluruh kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik kelompok A KB-TK Al-Azhar 38 Bantul dengan menggunakan metode demonstrasi dan mengetahui perkembangan kognitif peserta didik kelompok A KB-TK Al-Azhar 38 Bantul dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar tempat KB-TK Al-Azhar 38 Bantul. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan individu-individu yang terlibat dalam penelitian. Subjek penelitian ini adalah guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik KB-TK Alazhar 38 Bantul. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di kelompok A KB-TK Al-Azhar 38 Bantul dengan menggunakan metode demonstrasi sudah berjalan dengan baik, hal tersebut dikarenakan guru telah memperlihatkan atau memperagakan serangkaian tindakan berupa gerakan yang menggambarkan suatu cara kerja atau urutan proses kegiatan, selain itu guru juga telah memperlihatkan bentuk dari suatu benda. Penerapan metode maupun media yang digunakan dalam pembelajaran sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran, dan berpengaruh juga terhadap perkembangan peserta didik. Hal tersebut dikarenakan perkembangan peserta didik dalam setiap harinya selalu berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Suyadi, S.Ag., M.A
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Demonstrasi, Perkembangan Kognitif
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Mar 2019 09:46
Last Modified: 08 Mar 2019 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33635

Actions (login required)

View Item View Item