PERAN RELAWAN SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT (STUDI PENGEMBANGAN WISATA RIVER TUBING DI DESA DLINGO, KECAMATAN DLINGO KABUPATEN BANTUL, D.I. YOGYAKARTA)

MINARDI, NIM. 1520011024 (2018) PERAN RELAWAN SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT (STUDI PENGEMBANGAN WISATA RIVER TUBING DI DESA DLINGO, KECAMATAN DLINGO KABUPATEN BANTUL, D.I. YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN RELAWAN SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT (STUDI PENGEMBANGAN WISATA RIVER TUBING DI DESA DLINGO, KECAMATAN DLINGO KABUPATEN BANTUL, D.I. YOGYAKARTA))
1520011024_BAB I_BAB IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERAN RELAWAN SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT (STUDI PENGEMBANGAN WISATA RIVER TUBING DI DESA DLINGO, KECAMATAN DLINGO KABUPATEN BANTUL, D.I. YOGYAKARTA))
1520011024_BAB II_ sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Pariwisata berkorelasi dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Wisata River Tubing Mahesa Jaya merupakan area wisata baru yang sudah mulai ramai dikunjungi. Daerah ini dahulunya tidak dianggap sebagai aset, namun saat ini menjadi salah satu destinasi wisata baru di Dlingo. Menariknya obyek wisata ini tidak dibangun oleh pemerintah, namun dilakukan sendiri oleh masyarakat. Mereka merupakan relawan sosial yang tidak punya latar belakang pendidikan pariwisata, tidak dibayar, bahkan mengeluarkan dana mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mendeskripsikan peran relawan sosial dalam pengembangan masyarakat melalui Wisata River Tubing Mahesa Jaya. 2) Mengkaji dampak yang dirasakan oleh masyarakat dari peran yang dilakukan oleh relawan sosial. 3) Mengetahui motivasi masyarakat untuk menjadi relawan sosial pembangunan Wisata River Tubing Mahesa Jaya di Desa Dlingo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mendapatkan kredibilitas data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode analisis interaktif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa peran yang dilakukan oleh relawan sosial yaitu peran relawan sosial sebagai inovator, broker, fasilitator, jejaring kerja (networking), pemberi support/dukungan, mediator konflik, dan animasi sosial (social animation). Dampak yang dirasakan oleh masyarakat dengan adanya pembangunan destinasi wisata baru tersebut adalah dapat terciptanya kesempatan kerja, meningkatkan kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, mendapatkan akses jalan yang baik dan nyaman, mendapatkan fasilitas pendanaan, dan dapat dikenal banyak orang (populer). Motivasi masyarakat menjadi relawan sosial karena; 1) menjadi relawan pekerjaan yang mulia, 2) menyalurkan kemampuan (skill) yang mereka miliki, dan 3) karena adanya harapan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Peran relawan sosial, dampak pemberdayaan masyarakat, motivasi kerelawanan.
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Mar 2019 11:04
Last Modified: 08 Mar 2019 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33637

Actions (login required)

View Item View Item