UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PENDEKATAN INTEGRASI MATEMATIKA-ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Studi Kasus di Kelas XI IPA MA Nahdhatul Muslimin Undaan Kudus)

ABDUR ROHIM - NIM. 0343 0362, (2010) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PENDEKATAN INTEGRASI MATEMATIKA-ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Studi Kasus di Kelas XI IPA MA Nahdhatul Muslimin Undaan Kudus). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PENDEKATAN INTEGRASI MATEMATIKA-ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Studi Kasus di Kelas XI IPA MA Nahdhatul Muslimin Undaan Kudus))
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PENDEKATAN INTEGRASI MATEMATIKA-ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Studi Kasus di Kelas XI IPA MA Nahdhatul Muslimin Undaan Kudus))
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)

Abstract

Pembelajaran matematika di MA Nahdhatul Muslimin Undaan Kudus, khususnya kelas XI IPA belum memuaskan. Hal ini tercermin dari kurangnya motivasi belajar siswa yang merupakan jantungnya proses belajar dan menjadi pangkal pokok keberhasilan suatu proses pendidikan. Kurangnya motivasi ini dikarenakan beberapa hal. Masalah paling krusial yang melatar-belakangi kurangnya motivasi belajar siswa adalah adanya kebosanan siswa terhadap pembelajaran yang monoton dan menegangkan yang dijalankan oleh guru. Masalah yang tidak kalah pentingnya adalah adanya mindset siswa, bahkan guru yang beranggapan bahwa sains, khususnya matematika tidak memiliki korelasi terhadap pahala dan akhirat. Lebih tepatnya lagi madrasah yang kental dengan budaya pesantren ini masih menganut pola dikotomisasi ilmu yang dianggap sebagai biang keladi mundurnya dunia intelektual islam. Menindak-lanjuti dua masalah urgen tersebut, peneliti menawarkan pendekatan integrasi matematika-Islam melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran matematika. Pendekatan dan model pembelajaran ini dipilih karena disamping sesuai dengan konteks madrasah ini, juga dikarenakan adanya harapan siswa akan adanya belajar kelompok. Dengan adanya tanggapan positif dari siswa, diharapkan siswa akan belajar lebih nyaman dan menikmati pembelajaran matematika yang memang menjadi momok menakutkan bagi kebanyakan siswa. Dengan demikian, motivasi belajar siswa pun akan meningkat. Penelitian tindakan kelas ini berlangsung selama dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari empat pertemuan. Berdasarkan analisis lembar observasi dan jawaban angket siswa yang dilengkapi dengan hasil wawancara dan dokumentasi jurnal harian, pendekatan dan model pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar matematika pada siklus I masuk kategori tinggi (sebesar 71,89%), dan pada siklus II masuk kategori sangat tinggi (sebesar 86,08%). Hal ini berarti pada siklus I motivasi belajar mtematika siswa meningkat 18,39%, dan pada siklus II meningkat 32,58% dari sebelum adanya tindakan (53,5%). Pendekatan dan model pembelajaran ini pun mendapatkan respon sangat baik dari siswa sebesar 90,5 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Cth. Pembimbing : Drs. H. Sedya Santosa, S.S., M.Pd. Luluk Maulu'ah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: integrasi, STAD, matematika, Islam, tanggapan, motivasi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2012 11:12
Last Modified: 14 Dec 2016 07:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3364

Actions (login required)

View Item View Item