UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOSA KATA ANAK MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA KELOMPOK B2 DI TK ABA KARANGASEM KLURAK BARU BOKOHARJO PRAMBANAN SLEMAN

LIDIYA KUSUMA WARDANI, NIM. 14430078 (2018) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOSA KATA ANAK MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA KELOMPOK B2 DI TK ABA KARANGASEM KLURAK BARU BOKOHARJO PRAMBANAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOSA KATA ANAK MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA KELOMPOK B2 DI TK ABA KARANGASEM KLURAK BARU BOKOHARJO PRAMBANAN SLEMAN)
14430078_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOSA KATA ANAK MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA KELOMPOK B2 DI TK ABA KARANGASEM KLURAK BARU BOKOHARJO PRAMBANAN SLEMAN)
14430078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui seberapa besar tingkat pencapaian perkembangan kosa kata anak sebelum diadakannya kegiatan media kartu kata bergambar, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan media kartu bergambar di kelompok B2 TK ABA karangasem, (3) Untuk mengetahui seberapa besar tingkat pencapaian perkembangan kosa kata anak kelompok B2 TK ABA Karangasem setelah diadakannya kegiatan media kartu kata bergambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan mengambil data yang dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Adapun urutan pelaksanaan penelitian ini mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari menganalis hasil catatan observasi dan dokumentasi. Data kuantitatif diperoleh dari menganalisis data observasi berdasarkan penyajian tabel dan presentase. Penentuan kriteria dalam penelitian ini menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Djemari Mardapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perkembangan kosa kata anak kelompok B2 TK ABA Karangasem sebelum tindakan hanya sebesar 35% dengan minimal kategori tinggi (kategori tinggi dan sangat tinggi) dalam mengikuti kegiatan pembelajaran masih tergolong cukup atau belum optimal. (2) Penerapan metode media kartu bergambar terbukti dapat meningkatkan perkembangan kosa kata anak kelompok B2 TK ABA Karangasem. Pelaksanaan kegiatan media kartu bergambar berhasil meningkat dari kategori tinggi pada siklus I menjadi kategori sangat tinggi pada siklus II. (3) Setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan media kartu bergambar, terjadi peningkatan perkembangan kosa kata anak pada siklus I sebesar 65% (kategori tinggi dan sangat tinggi) dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 90% (kategori tinggi dan sangat tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Ichsan, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Kosa Kata, Media Kartu Bergambar
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Mar 2019 06:41
Last Modified: 08 Mar 2019 06:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33652

Actions (login required)

View Item View Item