MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI FINGER PAINTING KELOMPOK B TPA (TEMPAT PENITIPAN ANAK) KUPU-KUPU KALASAN

HAWA MUSTIKA, NIM. 14430079 (2018) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI FINGER PAINTING KELOMPOK B TPA (TEMPAT PENITIPAN ANAK) KUPU-KUPU KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI FINGER PAINTING KELOMPOK B TPA (TEMPAT PENITIPAN ANAK) KUPU-KUPU KALASAN)
14430079_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI FINGER PAINTING KELOMPOK B TPA (TEMPAT PENITIPAN ANAK) KUPU-KUPU KALASAN)
14430079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk : (1) mengetahui kreativitas anak kelompok B TPA Kupu-Kupu Kalasan sebelum melakukan kegiatan pembelajaran dengan metode demonstrasi finger painting (2) mengetahui bagaimana implementasi kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi finger painting di kelompok B TPA Kupu-Kupu Kalasan (3) mengetahui peningkatan kreativitas anak kelompok B TPA kupu-Kupu Kalasan setelah kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus Kurt Lewis yang dilakukan secara kolaborasi dengan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TPA Kupu-Kupu Kalasan. Objek penelitian ini berupa kreativitas anak, instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, lembar checklist, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) persentase kreativitas anak sebelum melakukan kegiatan pembelajaran dengan metode demonstrasi finger painting sebesar 56,78% (2) Metode demonstrasi finger painting dalam penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdapat tiga kali pertemuan yang di dalamnya terdapat kegiatan awal, kegiatan ini dan kegiatan penutup. (3) Peningkatan kreativitas dapat dilihat pada adanya perubahan pada setiap kegiatan. Pada saat kegiatan pratindakan persentase kreativitas keseluruhan anak sebesar 56,75%. Pada siklus I meningkat menjadi 78,21%. Kemudian pada siklus II kreativitas anak kembali mengalami peningkatan menjadi 86,40%. Peningkatan tersebut terjadi karena sebelumnya pada siklus I pelaksanaan metode demonstrasi kurang maksimal dan pengarahan yang diberikan oleh guru saat kegiatan pembelajaran berlangsung masih kurang. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil karena persentase sudah mencapai angka yang telah ditentukan. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan demonstrasi finger painting dapat meningkatkan kreativitas anak pada anak kelompok B di TPA Kupu-Kupu Kalasan melalui kebebasan pada anak untuk membuat hasil karya sesuai dengan ide dan memilih warna sendiri sesuai keinginan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: kreativitas, metode demonstrasi, finger painting
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Mar 2019 08:03
Last Modified: 11 Mar 2019 08:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33667

Actions (login required)

View Item View Item