Al Asma' Al Zahirat Al Mansubah Fi Kitab Wasiat Al Mustafa Li Abdul Wahhab Al Sha'raniy : Dirasah Tahliliyyah Nahwiyyah

Tabi'in, NIM. 14110008 (2018) Al Asma' Al Zahirat Al Mansubah Fi Kitab Wasiat Al Mustafa Li Abdul Wahhab Al Sha'raniy : Dirasah Tahliliyyah Nahwiyyah. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al Asma' Al Zahirat Al Mansubah Fi Kitab Wasiat Al Mustafa Li Abdul Wahhab Al Sha'raniy : Dirasah Tahliliyyah Nahwiyyah)
14110008_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Al Asma' Al Zahirat Al Mansubah Fi Kitab Wasiat Al Mustafa Li Abdul Wahhab Al Sha'raniy : Dirasah Tahliliyyah Nahwiyyah)
14110008_BAB II_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sebuah kitab karangan Abdul Wahhab As-Sya’roni yang dinamai Washiyatul Musthofa berisi nasehat-nasehat Nabi Muhammad Saw. kepada sahabat Ali bin Abi Thalib Karamallahu wajhah. Seperti teks Arab pada umumnya, kitab tersebut tersusun atas jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah. Dalam susunan kalimatnya terdapat isim-isim yang menempati kedudukan rafa’, nashab, dan khafadz. Setiap kedudukan dalam kalimat mempunyai peran yang berbeda-beda. Dalam penelitian ini, peneliti akan menfokuskan pada isi yang menempati kedudukan nashab atau dalam istilah nahwu disebut Al-Asma’ Al-Manshubat. Dibandingkan dengan kedudukan yang lain, isim yang menempati kedudukan nashab memiliki lebih banyak peran dalam struktur kalimat. Diantaranya maf’uliyyat, tamyiz, dll. Dalam skripsi ini membahas isim-isim yang berkedudukan nashab serta perannya dalam kalimat. Adapun masalah yang diteliti adalah apa macam-macam isim manshub yang terdapat dalam kitab washiyatul musthofa? Apa fungsi isim-isim manshub tersebut? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan memaparkan data dalam bentuk kata-kata. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi yang bersumber pada buku-buku tentang kaidah-kaidah ilmu nahwu. Sedangkan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan metode deskriptif yang disesuaikan dengan kaidah nahwu yang bersumber dari beberapa referensi khususnya berkaitan dengan al-asma al-al-manshubat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Sukamta, MA
Uncontrolled Keywords: kitab wasiat al mustafa - analisis tatabahasa
Subjects: Kesusastraan Arab > Wasiat al mustafa - Analisis Tatabahasa
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Mar 2019 16:12
Last Modified: 22 Mar 2019 16:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33669

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum