PENERAPAN MODEL GLOBAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI JAMUR SISWA KELAS XB SEMESTER 1 MAN TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2008 / 2009

AGUSTINA LESTARI - NIM. 04451089, (2010) PENERAPAN MODEL GLOBAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI JAMUR SISWA KELAS XB SEMESTER 1 MAN TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2008 / 2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran biologi dengan menggunakan model Global Learning pada materi pokok Jamur untuk siswa kelas XB. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan prestasi belajar siswa melalui penerapan model Global Learning pada tiap siklusnya. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas XB semester 1 MAN Tempel tahun ajaran 2008/2009. Data yang dikumpulkan berupa data observasi kreativitas siswa dan nilai pre test dan post test siklus I dan 2. Data kreativitas yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase masing-masing aspek dalam kreativitas sedangkan data prestasi belajar siswa yang berupa pre test dan post test di siklus I dan siklus II ditabulasikan dalam bentuk rerata kelas. Peningkatan kreativitas dapat diperoleh dari selisih persentase kreativitas siklus I dan siklus II sedangkan peningkatan prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan effect size, yaitu selisih antara nilai rerata post test siklus I dengan nilai rerata post test siklus II. Proses pembelajaran Biologi dengan menggunakan model Global Learning berjalan dengan menarik dan menyenangkan, hal ini dapat dilihat dari hasil refleksi pada siklus I dan siklus II. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan kreativitas dapat dilihat dari masing-masing aspek kreativitas (pada skor 3 quot;tinggi quot;) yang meliputi aspek inisiatif/ ide kreatif sebesar 40,54 %, kemandirian sebesar 8,11 %, motivasi sebesar 21,62 %, percaya diri sebesar 24,32 % dan aspek yang terakhir adalah produk kreativitas sebesar 45,95 %. Sedangkan pada Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size sebesar 1,60.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Cth. Pembimbing : Drs. H. Suhardi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Global Learning, kreativitas, prestasi belajar
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3367

Actions (login required)

View Item View Item