OPTIMALISASI PERMAINAN LOMPAT TALI DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI KELOMPOK B2 DI TK LKMD PANCASAKTI BALONG KIDUL POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL

KHURI ABAD MU’MALA, NIM. 14430089 (2018) OPTIMALISASI PERMAINAN LOMPAT TALI DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI KELOMPOK B2 DI TK LKMD PANCASAKTI BALONG KIDUL POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI PERMAINAN LOMPAT TALI DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI KELOMPOK B2 DI TK LKMD PANCASAKTI BALONG KIDUL POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL)
14430089_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI PERMAINAN LOMPAT TALI DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI KELOMPOK B2 DI TK LKMD PANCASAKTI BALONG KIDUL POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL)
14430089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Khuri Abad Mu’Mala, “Optimalisasi Permainan Lompat Tali Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Kelompok B2 Di TK LKMD Pancasakti Balong Kidul Potorono Banguntapan Bantul Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Anak adalah manusia kecil yang memiliki potensi yang harus dikembangkan. Pada masa ini anak harus distimulasi sebaik mungkin agar kemampuan yang dimiliki anak dapat berkembang secara maksimal. Salah satu penyebab perkembangan motorik kasar tidak berkembang secara optimal adalah kegiatan pengembangan kemampuan motorik kasar tubuh anak yang masih jarang dilaksanakan, sehingga anak kurang terstimulasi dalam mengembangkan kemampuan motorik kasarnya. Banyak sekali kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak, salah satunya melalui permainan tradisional lompat tali. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana optimalisasi permainan lompat tali dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini kelompok B2 di TK LKMD Pancaksakti Balong Kidul Potorono Banguntapan Bantul Yogyakarta. (2) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat optimalisasi permainan lompat tali dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini Kelompok B2 di TK LKMD Pancasakti Balong Kidul Potorono Banguntapan Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, selaku pimpinan di TK LKMD Pancasakti Baong Kidul Potorono Banguntapan Bantul Yogyakarta. Guru selaku pengajar pendidikan. Wali Murid, selaku orang tua peserta didik. Peserta didik, selaku murid. Hasil wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah, guru, wali murid, dan peserta didik kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Optimalisasi permainan lompat tali dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini kelompok B2 di TL LKMD Pancasakti Balong Kidul Potorono Banguntapan Bantul Yogyakarta yaitu, sudah berjalan dengan cukup baik, karena dapat mengembangkan koordinasi mata, tangan, kaki, dan menyenangkan hati anak.(2) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat optimalisasi permainan lompat tali dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini Kelompok B2 di TK LKMD Pancasakti Balong Kidul Potorono Banguntapan Bantul Yogyakarta yaitu, faktor pendukung, yaitu organ fisik yang lengkap, kematangan perkembangan, dan faktor pada apa yang dimakan oleh anak. Faktor penghambat, yaitu kondisi lingkungan di sekitar, dan pola asuh orang tua terhadap anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: lompat tali, motorik kasar.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Mar 2019 08:13
Last Modified: 11 Mar 2019 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33673

Actions (login required)

View Item View Item