PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LAPANGAN BIODIVERSITAS VEGETASI RIPARIAN SEBAGAI PETUNJUK BIOMONITORING KESEHATAN SUNGAI UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

Nisa Ulmah Mudah, NIM. 14680026 (2018) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LAPANGAN BIODIVERSITAS VEGETASI RIPARIAN SEBAGAI PETUNJUK BIOMONITORING KESEHATAN SUNGAI UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LAPANGAN BIODIVERSITAS VEGETASI RIPARIAN SEBAGAI PETUNJUK BIOMONITORING KESEHATAN SUNGAI UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
14680026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LAPANGAN BIODIVERSITAS VEGETASI RIPARIAN SEBAGAI PETUNJUK BIOMONITORING KESEHATAN SUNGAI UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
14680026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui biodiversitas vegetasi riparian sebagai biomonitoring kesehatan di Sungai Kuning dan Tambak Bayan, (2) menghasilkan buku panduan lapangan biodiversitas vegetasi riparian sebagai petunjuk biomonitoring kesehatan sungai untuk siswa kelas X SMA/MA, dan (3) mengetahui kualitas buku panduan lapangan biodiversitas vegetasi riparian sebagai petunjuk biomonitoring kesehatan sungai yang dikembangkan setelah di nilai ahli materi, ahli media, peer reviewer, guru biologi dan siswa kelas X SMA/MA. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan dibatasi ADDE tanpa implementasi. Produk yang telah dikembangkan dinilai oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer, guru biologi dan 15 siswa SMA N 1 Cangkringan. Penelitian ini menemukan 108 spesies tumbuhan yang terdiri dari 47 famili. Adapun produk yang dihasilkan adalah buku panduan lapangan biodiversitas vegetasi riparian untuk biomonitoring kesehatan sungai. Hasil penilaian terhadap produk menurut ahli materi 85,88% (Sangat Baik), ahli media 83,63% (Sangat Baik), peer reviewer 90,57%, (Sangat Baik), guru biologi 91,42% (Sangat Baik), dan siswa 83,20% (Sangat Baik). Berdasarkan penilaian tersebut, buku panduan lapangan biodiversitas vegetasi riparian untuk biomonitoring kesehatan sungai layak digunakan sebagai bahan ajar siswa kelas X SMA/MA sub materi pencemaran air.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eka Sulistyowati, MA., M.IWM
Uncontrolled Keywords: Buku Panduan Lapangan, Vegetasi Riparian, Biomonitorin
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Mar 2019 08:19
Last Modified: 11 Mar 2019 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33676

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum