PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI KOGNITIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DAN TRUE OR FALSE POKOK BAHASAN EKOSISTEM SISWA KELAS VIIB SMPN 2 CIKATOMAS KABUPATEN TASIKMALAYA

AI YASIR ARIFAH - NIM. 05450039, (2010) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI KOGNITIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DAN TRUE OR FALSE POKOK BAHASAN EKOSISTEM SISWA KELAS VIIB SMPN 2 CIKATOMAS KABUPATEN TASIKMALAYA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan metode role playing dan true or false dan faktor penghambatnya pada mata pelajaran Biologi dengan materi pokok ekosistem. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan prestasi kognitif siswa pada setiap siklus pembelajarannya. Subyek dalam penelitian ini kelas VII B SMPN 2 Cikatomas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diasumsikan sampai dengan 2 siklus. Pengambilan data penelitian ini meliputi data motivasi belajar siswa yang diperoleh dari hasil pengamatan dengan menggunakan lembar angket motivasi dan lembar observasi sedangkan data prestasi kognitif siswa diperoleh dari hasil tes dengan menggunakan soal pre-test dan post-test. Data motivasi belajar siswa dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentasenya sedangkan data prestasi kognitif siswa dengan mencari effect sizenya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran biologi menggunakan metode role playing dan true or false dapat terlaksana di kelas VII B SMPN 2 Cikatomas dengan materi pokok Ekosistem. Banyaknya siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai peningkatan motivasi belajar dan prestasi kognitif siswa adalah 2 siklus pembelajaran. Keberhasilan motivasi yang dicapai pada siklus I adalah 61 dengan kategori sedang dan presatsi kognitif siswa sebesar 5,87, Sedangkan keberhasilan motivasi siklus II adalah 78,3 dengan kategori tinggi, dan prestasi kognitif siswa sebesar 7,51. Peningkatan aktivitas belajar siswa ditunjukkan dengan meningkatnya persentase aktivitas belajar siswa di siklus II yaitu sebesar 17,3. Peningkatan prestasi kognitif siswa ditunjukkan dari hasil effect size sebesar 1,64.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Cth. Pembimbing : Drs. Satino, M.Si
Uncontrolled Keywords: Role Palying, True or False , Prestasi, Kognitif, Motivasi dan SMPN 2 Cikatomas.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3368

Actions (login required)

View Item View Item