PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA CHART UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 2 BANGUNTAPAN

Norma Hidayatun, NIM. 14680042 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA CHART UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 2 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA CHART UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 2 BANGUNTAPAN)
14680042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA CHART UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 2 BANGUNTAPAN)
14680042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media chart dapat meningkatkan motivasi belajar biologi siswa, 2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media chart dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa, 3) banyaknya siklus yang dibutuhkan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media chart untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan tiga siklus, siklus I menggunakan model Direct Instruction (DI), siklus II menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dan siklus III menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media chart. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket motivasi belajar siswa, pretest-postest, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara kualitatif dengan metode diskriptif dan secara kuantitatif dengan Effect Size d Cohen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media chart dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi dapat diketahui dari persentase lembar angket setiap siklusnya masing-masing yaitu siklus I sebesar 64,01%; siklus II sebesar 67,81%; dan siklus III sebesar 75,79%. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari rata-rata pretest dan postest yaitu siklus I sebesar 35,85 dan 55,56; siklus II sebesar 44,18 dan 65,39; serta siklus III sebesar 57,29 dan 76,96 sehingga diperoleh effect size I sebesar 0,9 (efek besar) dan effect size II sebesar 1,2 (efek besar). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media chart dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 2 Banguntapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Runtut Prih Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: model kooperatif tipe jigsaw, media chart, motivasi, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Mar 2019 01:47
Last Modified: 11 Mar 2019 01:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33684

Actions (login required)

View Item View Item