PARADOKSI MANUSIA MULTI-REALITA (STUDI PENGARUH MEDIA SOSIAL WHATSAPP TERHADAP SIKAP SOSIAL KEAGAMAAN MAHASISWA FAKULTAS USHULUDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM)

EKA WIDIYANTO, NIM. 13540005 (2018) PARADOKSI MANUSIA MULTI-REALITA (STUDI PENGARUH MEDIA SOSIAL WHATSAPP TERHADAP SIKAP SOSIAL KEAGAMAAN MAHASISWA FAKULTAS USHULUDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PARADOKSI MANUSIA MULTI-REALITA (STUDI PENGARUH MEDIA SOSIAL WHATSAPP TERHADAP SIKAP SOSIAL KEAGAMAAN MAHASISWA FAKULTAS USHULUDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM))
13540005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PARADOKSI MANUSIA MULTI-REALITA (STUDI PENGARUH MEDIA SOSIAL WHATSAPP TERHADAP SIKAP SOSIAL KEAGAMAAN MAHASISWA FAKULTAS USHULUDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM))
13540005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

WhatsApp merupakan media sosial yang paling banyak digunakan saat ini sebagai alat untuk berinteraksi dan berkomunikasi. Teknologi media sosial WhatsApp dalam perkembengannya sangatlah cepat dan mengalahkan popularitas media sosial lainnya. Penggunaan media sosial WhatsApp juga terjadi di kalangan mahasiswa dan menunjukan paling tinggi sebagai alat komunikasinya. Penelitian ini difokuskan untuk memahami fenomena Whatsapp di kalangan mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dalam penggunaannya sehari-hari WhatsApp sangat mempengaruhi terhadap sikap sosial mahasiswa sehari-hari, dalam penelitian ini juga berusaha untuk menampilkan sikap mahasiswa dalam menghadapi dua realitas yaitu nyata dan maya, dan berusaha mengemukakan dan mengetahui perubahan nilai-nilai keagamaan mahasiswa dalam menggunakan media sosial WhatsApp. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori perubahan sosial oleh William F. Ogburn (Materialist Theory) yang menekankan teknologilah yang menjadi penyebab utama dari perubahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengumpulan data adalah purposive sampling, wawancara dan crowd sourcing. Sumber data penelitian terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Sumber data primer diperoleh dari data dokumen tertulis dari lembaga dan foto serta hasil rekaman yang relevan dengan tema penelitian. Dengan menggunakan teori perubahan sosial William F. Ogburn yang menjadi landasan perubahan sosial adalah teknologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, para pengguna WhatsApp memaknai media sosial tersebut sebagai tempat untuk kemudahan, berkomunikasi, promosi, menambah teman dan untuk eksistensi diri dan yang paling dominan membantu dalam info perkuliahan. Para pengguna media sosial WhatsApp dalam menghadapi dua realitas nyata dan maya ada yang memaknai dengan positif dan negatif dari penggunaannya. Pengaruh WhatsApp terhadap nilai-nilai keagamaan mereka sebagai mahasiswa dalam menggunakan media sosial WhatsApp meliputi perubahan terhadap relasi interpersonal, relasi psikologis, dan menambah tata nilai baru seperti bertambahnya keimanan, serta ada indikator rendah tingginya ketika media sosial WhatsApp mempengaruhi tata nilai keagamaan mahasiswa. Tetapi dalam pengaruh negatifnya terhadap perilaku sosial dalam kehidupan mahasiswa terdapat ada yang menyebabkan mahasiswa menjadi alay yang berefek pada borderline man. Implikasinya terjadi pada mahasiswa menjadi egoisme, prasangka sosial, rasisme, rasialisme, stereotip bentuk-bentuk perubahan sosial negatif seperti itu merupakan perubahan perilaku mahasiswa yang terjadi diakibatkan kecanduan teknologi media sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Munawar Ahmad, S.S., M.Si.
Uncontrolled Keywords: paradoksi, sikap sosial, generasi alay, borderline man
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Mar 2019 01:50
Last Modified: 11 Mar 2019 06:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33685

Actions (login required)

View Item View Item