EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN PAKEM PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS

Khadziqotu Zulfa, NIM. 12690037 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN PAKEM PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN PAKEM PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS)
12690037_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (31MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN PAKEM PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS)
12690037_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan menggunakan Mind Map untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika pada pokok bahasan gerak lurus. Penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan bentuk nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas berupa model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan menggunakan mind map dan variabel terikat berupa motivasi dan hasil belajar fisika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Terdiri dari 26 siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar berupa soal pretest-postest dan instrumen non tes berupa lembar angket motivasi belajar fisika. Teknik analisa data yang digunakan adalah statistika deskriptif dan Normalized Gain (N-Gain). Kriteria keefektifan tersebut mengacu pada kriteria yang dikembangkan oleh Nurgana, yaitu 75% dari jumlah siswa memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 60, N-Gain yang signifikan, dan motivasi belajar meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan menggunakan mind map efektif dalam meningkatkan motivasi belajar fisika siswa. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh N-Gain kelas Eksperimen sebesar 0,253 dan N-Gain kelas kontrol sebesar -0,061 dan Effect Size sebesar 3,363 menunjukkan bahwa perbedaan peningkatan motivasi pada kedua kelas dalam kategori sedang (2) Pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan menggunakan mind map efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui 80,769% siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 60 dan N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,360 (sedang) dan N-gain kelas kontrol sebesar 0,277 (rendah)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe TTW, mind map, motivasi, hasil belajar, gerak lurus
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Mar 2019 02:22
Last Modified: 11 Mar 2019 02:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33689

Actions (login required)

View Item View Item